PEKANBARU, GORIAU.COM - Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propram) Polda Riau, melakukan penertiban belasan kendaraan roda dua dan roda empat, yang masih membandel dan parkir di halaman samping Mapolda. Penertiban dengan melucuti plat kendaraan, agar si pemilik menghadap ke Provost untuk diberi tindakan disiplin.

Sejumlah aparat kepolisian yang berdinas di Mapolda Riau kalang kabut dan dibuat berkeringat oleh anggota Provost. Mereka berlarian memindahkan kendaraan lantaran takut jadi korban penertiban petugas. Ini karena sejumlah anggota dan pegawai masih membandel dan tetap parkir di jalan raya, meski sudah ada tanda larangan.

Penertiban kendaraan tersebut dipimpin langsung Kasubbid Provost Polda Riau, Kompol Zalukhu beserta enam orang anggotanya, Rabu (15/4/2015) siang. "Ini sudah yang ke lima kalinya kita tertibkan. Agar mereka (personil,red) jera, maka kali ini kita ambil plat kendaraannya, supaya nanti menghadap ke Provost dan diambil tindakan dan menerima sangsi disiplin," tegas Kompol Zalukhu kepada Goriau.com.

Penertiban ini, sambungnya, memang dilakukan secara mendadak. Berasalan karena Polda Riau sudah memiliki area parkir. Hanya saja masih ada beberapa anggota yang membandel dan tetap parkir di bahu jalan, sehingga resikonya bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

"Ini sesuai intruksi dari atasan, menghindari adanya accident karena penggunaan bahu jalan sebagai lokasi parkir. Untuk roda empat kita kempesi, dan roda dua kita ambil plat nomor nya," tukasnya.

Pantauan Goriau.com, sejumlah aparat yang mengetahui penindakan tersebut segera berusaha memindahkan kendaraannya agar tidak menjadi korban penertiban. Bagi pemilik kendaraan yang terlanjur diambil penindakan hanya bisa pasrah menyaksikan. Setidaknya ada enam kendaraan yang terjaring pada operasi tersebut.

Bahkan informasinya, penertiban oleh Provost Polda Riau masih berlanjut hingga Kamis besok. Penertiban dengan melakukan razia terhadap kendaraan aparat yang melanggar ketentuan. (had)