BENGKALIS, GORIAU.COM - Entah dengan motivasi apa, yang jelas, Samsat Bengkalis tetap saja meminta persyaratan membawa BPKB maupun KTP asli untuk membayar pajak kendaraan bermotor bagi kendaraan pemerintah atau yang berplat merah. Akibatnya, banyak pegawai yang mengeluhkan.

''Jelas-jelas ini kendaraan pemerintah, tapi petugas Samsat tetap saja minta BPKB asli saat ingin membayar pajak. Tahun lalu cukup dengan yang fotokopi saja, tapi sekarang dipersulit, kita tak tahu motivasinya apa, kalau kendaraan pribadi sih wajar,'' ujar Jono kepada wartawan, Jumat (1/2/2013) yang mengalami kesulitan saat ingin membayar pajak.

Dijelaskannya, karena kendaraan dinas adalah milik pemerintah, mustahil kendaraan tersebut barang curian jadi petugas Samsat tidak perlu ragu saat dirinya akan membayar pajak. “Sudah jelas-jelas kita ingin memberi uang kepada negara, tapi kok malah dipersulit,” ujarnya dengan nada heran.

Pegawai lainnya, S menambahkan, bukan hanya BPKB harus asli, petugas juga meminta KTP asli dari SKPD terkait. Seperti dirinya yang saat ini berprofesi sebagai guru, maka harus ada KTP kepala Dinas Pendidikan yang asli agar bisa membayar pajak.

Padahal jumlah kendaraan dinas khususnya roda dua cukup banyak. Apa mungkin kepala Dinas pendidikan mau meminjamkan KTP-nya kepada pengguna kendaraan dinas. “Apalagi periode pembayaran pajak kan tidak seretak. Otomatis kalau harus pakai KTP asli, mau tidak mau KTP asli tersebut digilir kepada para pengguna kendaraan dinas untuk bayar pajak,” ujarnya seraya berani bertaruh kepala Dinas Pendidikan tidak akan mau menyerahkannya untuk digilir.

Keduanya berpendapat seyogyanya petugas Samsat mempermudah masyarakat tanpa pandang bulu untuk membayar pajak. Kalau dipersulit, maka akan timbul persepsi yang tidak baik di tengah-tengah masyarakat, bahwa untuk memberi uang ke negara saja sulit.

Berdasarkan informasi bahwa penerapan pembayaran pajak dengan menyertakan dokumen asli baru diberlakukan sejak Januari 2013. Hal itu terkait dengan diterapkannya sistem online sehingga seluruh dokumen harus discan agar masuk dalam database. (jfk)