TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Memasuki hari kedua Pacu Jalur Tradisional di Tepian Lubuok Sobae, Baserah Kabupaten Kuantan Singingi masih didominasi Jalur yang berasal dari Kecamatan Pangean. Setidaknya enam dari 13 Jalur yang berpacu mewakili Pangean.

Jalur-jalur tersebut yakni Ombak Nyalo Simutu Olang merupakan Jalur andalan Kecamatan Pangean. Pada putaran pertama, Ombak Nyalo mampu mengandaskan harapan dari Jalur Gajah Tunggal Bukik Tigo yang berasal dari Kecamatan Kuantan Hilir. Ombak Nyalo merupakan juara I saat Pacu Jalur di Rayon Pangean beberapa waktu lalu.

Jalur yang mewakili Kecamatan Pangean lainnya yakni Siposan Rimbo RAPP dari Pauh Angit, Toduang Kuantan dari Tanah Bekali, Sembaran Olang Pulai dari Rawang Binjai, Sutan Nan Garang dari Pulau Kumpai, Selendang Putiah dari Pulau Deras.

Sedangkan untuk Kecamatan Kuantan Hilir sebagai tuan rumah, Jalur yang masih bertahan sebanyak empat Jalur. Diantara Jalur tersebut yakni Meriam Onggang Parau dari Kepala Pulau yang merupakan jawara Pacu Jalur Rayon Sentajo Raya kemaren.

Selain Merian Onggang Parau, masih ada Ular Putih Linggo Biso dari Pulau Kulur, Raja Laut dari Sungai Sorik dan Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Pulau Madinah yang merupakan menang tanpa lawan.

Sementara untuk Kecamatan Benai diwakili oleh Jalur Lipan Biso Bungo Kumayang dari Desa Pulau Ingu. Sedangkan Limo Piako tuah Nagori mewakili Kecamatan Logas Tanah Darat.

Jalur Sialang Soko Putri Mandi sukses bertahan hingga putaran kedua. Jalur ini merupakan satu-satunya Jalur yang mewakili Kabupaten Indragiri Hulu.(san)