PEKANBARU - Bunyi mirip ledakan kembali membuat sebagian warga Kota Pekanbaru, Provinsi Riau kaget, Kamis (21/7/2016) pagi, sekitar pukul 09.15 WIB. Suara ini muncul persis ketika masyarakat sedang beraktivitas.

Namun masyarakat tak perlu khawatir, sebab bunyi ledakan ini berasal dari mesin Pesawat Tempur F-16 Pangkalan Udara (Lanud) TNI-AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang kembali melakukan uji mesin sonic boom.

"Kita informasikan kepada masyarakat lebih cepat, supaya tidak kaget seperti tes flight sebelumnya yang sempat menduga ada apa-apa," benar Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma Henri Alfiandi, Kamis pagi.

"Lokasi tes flight kali ini di north and south area (Pekanbaru, red). Ada satu pesawat F-16 yang sedang kita uji mesin," ungkap Henri.

Namun kali ini bunyinya tidak segarang beberapa hari lalu, yang sempat membuat warga kaget. "Jadi tergantung pilotnya apakah terbang melewati kecepatan suara atau tidak. Kali ini pelan-pelan, cuma 1.2 Mach number," sambungnya.

Untuk diketahui, F-16 seperti yang dimiliki Lanud Roesmin Nurjadin merupakan pesawat tempur super sonic yang mampu terbang dengan kecepatan dua kali kecepatan suara.

"Jadi itu suara karena sockwave, gelombang kejut akibat pesawat menembus kecepatan suara. Kalau siap bongkar mesin atau perawatan, kita selalu uji terbang," imbuh dia lagi.

Aktivitas serupa juga sempat beberapa kali dilakukan TNI-AU di Pekanbaru. Terakhir pada 18 Juli 2016 siang, yang membuat warga Pekanbaru kebingungan, dari mana sumber suara ini berasal.***