PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Keluarga warga binaan Lembaga Pemasyarakataan (LP) Klas II B Pasir Pangaraian, Jumat (31/10/2014) beramai-ramai mendatangi lapas. Pasalnya, mereka mendapat informasi bahwa terjadi kerusuhan di lokasi tersebut.

Informasi tersebut disampaikan Serta Ulinan (70) yang berasal dari Tanah Karo Provinsi Sumut, dirnya sengaja datang untuk melihat anaknya yang ditahan karena kasus narkoba. Namun dia mengungkapkan kekecewaan karena petugas belum bisa memberi izin masuk menjenguk anaknya.

''Saya kecewa pak, karena tidak dibolehkan masuk oleh petugas, padahal saya sudah kangen terhadap anak, saya pagi sudah datang kesini, tapi hanya boleh masuk pukul 02.00 Wib siang,'' terangnya ketika sambil duduk menunggu di depan Kantor LP Pasir Pangaraian, Jumat (31/10/2014).

Selain Serta Ulinan, keluarga warga binaan juga banyak yang datang ke lokasi karena mendapat informasi bahwa telah terjadi kerusuhan di Lapas, sehingga setiap warga berusaha menghubungi kelluarga masing. Akibatnya, banyak keluarga mereka mendatangi lapas.

Sementara itu, Kalapas klas II B Pasir Pangaraian, Misbahuddin, Bc, IP, S.Sos, MM kepada wartawan mengatakan tidak ada keributan dan kerusuhan di Lapas, hanya saja dilakukan penggeledahan rutin, beberapa kabel-kabel ditemukan dalam sel tahanan. Kabel-kabel tersebut lalu diamankan lalu terjadi kondisi riuh khususnya di kamar 6 kasus narkoba. Selain mengamankan kabel, petugas juga mengamankan beberapa barang terlarang.

''Tidak ada toleransi terhadap handphone, narkoba dan pungutan liar di dalam Lapas. Rencananya kita akan memanggil kepala kamar untuk melakukan koordinasi, sehingga mereka bisa menenangkan anggotanya,'' ujar Misbahuddin.

Diterangkan, Kalapas Pasirpangaraian, saat ini jumlah warga binaan sebanyak 621 orang, sebanyak 360 orang narapidana, sedangkan di kamar 6 terdapat 23 penghuni. ''Jadi tidak ada keribuan, hanya warga binaan yang tidak biasa dengan adanya penggeledahan ini,'' tegasya.

Pada penggeledahan tersebut, petugas sudah mengamankan handphone, kabel-kabel, pisau sendok, tape, VCD dan lainnya. (ram)