BANDAR PETALANGAN, GORIAU.COM - Sedikitnya 309 qori dan qoriah akan ambil bagian pada Mushabaqah Tilawatil AlQuran (MTQ) Tingkat Kabupaten ke-11 Pelalawan, Riau yang akan dibuka langsung Bupati Pelalawan HM Harris di Kecamatan Bandar Petalangan, Selasa (16/10/2012) malam ini. Jumlah tersebut berasal dari 12 kecamatan yang ada di Pelalawan.

Kabag Kesra Setda Pelalawan, H Zulkifli, SAg yang juga panitia MTQ ke 11 Pelalawan Senin (15/10/2012) mengatakan, pembukaan akan dilakukan oleh Bupati Pelalawan HM Harris pukul 19.30 WIB. ''Alhamdulillah semua persiapan sudah rampung, kita yakin pembukaan hingga pelaksanaan ini akan sukses,'' ujarnya.

Zulkifli yang juga didampingi Camat Bandar Petalangan Jacky S Touw mengatakan jumlah 309 peserta ini bisa saja bertambah karena masih ada sebagian yang belum mendaftarkan diri. ''Jumlahnya akan terus bertambah karena ini baru data sementara saja,'' terangnya.

Sementara itu astaka yang dijadikan arena utama cabang tilawatil Al Quran sudah disiapkan. ''Astaka utama kini hanya tinggal finishing saja atau hanya tingggal memoles-moles. Jadi kita harapkan pelaksanaan MTQ tahun ini berjalan lancar, tanpa ada hambatan apapun yang dilaksanakan mulai 16-22 Oktober,'' ungkapnya.

Diharapkan MTQ ini bisa menjaring qori dan qoriah Pelalawan untuk bertanding di MTQ tingkat Provinsi. Namun yang paling penting dari semua itu, masih kata Zulkifli, bahwa diharapkan dengan adanya kegiatan MTQ yang selalu diadakan setiap tahun ini, maka kehidupan agama yang berpedoman Al-Qur'an dapat memasuki dalam sendi-sendiri kehidupan. Sehingga dengan begitu, kegiatan MTQ ini jadi tidak hanya seremonial belaka tapi berdampak langsung pada masyarakat. (kst)