RENGAT, GORIAU.COM - Penderitaan masyarakat yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Indragiri masih memilukan warga Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), seperti yang melanda Desa Sukajadi, Kecamatan Kuala Cenaku. Akibatnya warga daerah itu harus tinggal di tenda pengungsian dan dibeberapa rumah warga yang belum terendam banjir.

Kejadian yang memilukan itu terjadi sejak tiga hari yang lalu. Ayam dan binatang ternak warga banyak yang mati, begitu juga lahan persawahan yang siap panen juga direndam air dengan kedalaman satu meter.

"Saya dan puluhan warga lain telah mengungsi sejak tiga hari yang lalu, karena rumah kami terendam air banjir hingga kedalaman satu meter", ujar Hardi ketua RT 06 Desa Suka Jadi.

Hardi menyebutkan, saat ini masyarakat kekurangan bahan makanan, karena beras bantuan yang diserahkan Pemkab Inhu hanya 2,5 Kg per orang.

"Jika itu yang dibantu, hanya berapa lama lah tahannya, sedangkan setiap hari kami butuh makan. Dengan demikian kita harapkan adanya penambahan pendistribusian bantuan, sebab saat ini kami tidak bisa berbuat apa-apa, karena seluruh harta benda dan lahan kami terendam", harapnya.

Pantauan GoRiau.com di Desa Sukajadi, jelas terlihat ratusan hektar areal persawahan warga berobah seperti lautan. Sedikitnya 30 rumah warga terendam, satu SD dan satu mesjid juga ikut terndam hiingga kedalaman satu meter lebih.(jef)