PEKANBARU, GORIAU.COM - Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto mendampingi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Nurhamin, melaksanakan sosialisasi pemilihan kepala daerah kepada prajurit TNI dan PNS jajaran Korem 031/Wirabima, di gedung serba guna Denbekang I-44-06 A Pekanbaru, Rabu (25/3).

Ketua KPU Riau mengatakan, yang disosialisasikan kali ini adalah draf pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati, karena adanya norma baru dalam setiap tahapan. Diharapkan, dengan pengetahuan terhadap semua tahapan dan norma baru ini, proses pelaksanaan pilkada bisa berjalan lancar.

Sementara Danrem 031/Wirabima mengatakan, anggota TNI tidak diperbolehkan masuk dalam kegiatan pemilihan dan pemungutan suara hanya diperbolehkan memantau dari jauh. Sedangkan untuk anggota PNS maupun Persit, bisa mengikuti kegiatan Pemilu, tetapi harus meninggalkan atribut kedinasannya, karena yang berkaitan dengan netralitas hanya untuk TNI.

Pada prinsipnya TNI siap berperan serta dalam mengawal proses demokrasi, dengan tetap menjaga netralitas TNI.

Turut hadir dalam sosialisasi KPU adalah para Kasi, Dandim 0301/Pbr, Dansatdisjan, Kabalakrem, serta 380 prajurit dan PNS jajaran Korem 031/Wirabima.rls