PEKANBARU, GORIAU.COM - Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto memberikan kuliah umum di aula Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Riau (UR) Pekanbaru, Jumat (27/2).

Acara kuliah umum tersebut dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Riau. Tema kuliah umum adalah "Pembentukan Karakter Bangsa untuk Meningkatkan dan Penguatan wawasan Kebangsaan". 

Dalam uraiannya Danrem 031/WB mengatakan, keutuhan wilayah NKRI tidak hanya menjadi tugas Tentara Nasional Indonesia saja, namun  perlu adanya kerja sama  berbagai instansi dan golongan di luar TNI, termasuk mahasiswa.

"Untuk keperluan bela negara tersebut para generasi muda, khususnya mahasiswa wajib  memahami tentang arti pentingnya bela negara bagi keselamatan NKRI. Dalam hal ini ada tiga komponen  yang harus dibela yaitu kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan bangsa dari segala macam ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dapat merongrong keutuhan NKRI," jelas Danrem.

Lebih lanjut Danrem 031/WB mengatakan, bahwa saat ini ancaman dari nir militer masih cukup tinggi, baik dalam bentuk agitasi, terorisme dan cyber crime. Oleh karena itu kita menerapkan bela negara dalam sistem pertahanan rakyat semesta. Dalam hal ini TNI sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan negara dibantu oleh komponen  cadangan dan komponen pendukung  yang terdiri dari  rakyat terlatih maupun potensi seluruh rakyat Indonesia. Untuk keperluan bela negara para mahasiswa  harus dapat memahami nilai-nilai dasar bela negara antara lain: rasa cinta tanah air, rela berkorban, yakin akan Pancasila  dan UUD 1945,  serta memupuk kesadaran  berbangsa dan bernegara. Adapun sifat yang harus dikembangkan oleh para mahasiswa antara lain bijaksana, rela berkorban, peduli sosial, berani, jujur dan disiplin.

"Tentunya kita berharap dengan para mahasiswa ini agar dapat menjadi pelopor untuk memajukan bangsa dan juga diri sendiri, itu harapan kami," harapnya. rls