TELUK KUANTAN, GORIAU.COM  - Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis menjadi tamu istimewa pada Jambore antar bangsa di Jengka Pahang, Malaysia, Kamis (17/4) lalu. Pada acara itu, Sukarmis yang juga Ketua Majelis  Pembimbing di Kwarcab Kuansing ini menerima penghargaan Meritorius Award Persekutuan Pengakap Malaysia.

Penghargaan ini diberikan atas dedikasi Sukarmis terhadap pengembangan gerakan Pramuka di Kabupaten Kuantan Singingi. Penghargaan ini diberikan bersempena dengan keikutsertaan Kwarcab Kuantan Singingi pada kegiatan tersebut yang diselenggarakan pada tanggal 15-20 April 2014 di Kem Tengku Mahkota, Bandar Tun Abdul Razak Jengka Pahang Darul Makmur, Malaysia.

Kegiatan jambore antar bangsa ini diikuti sejumlah negara, seperti Indonesia, Brunei Darusalam, Kamboja, Thailand, Singapura dan Malaysia selaku tuan rumah. Dari Indonesia diwakili beberapa provinsi, di antaranya Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Jambi dan Riau. Riau diwakili 3 kwarcab, yaitu Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Dumai.

Ketua Kwarcab Kuansing Hardi Yacub mengatakan, penghargaan itu melengkapi penghargaan sebelumnya yang telah diterima Bupati Kuansing di bidang Kepramukaan, yaitu Lencana Melati yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang ke-pramukaan di Indonesia yang diserahkan Presiden RI pada tahun 2011 lalu. Penghargan yang didapat Bupati ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Persekutuan Pengakap Malaysia Daerah Jengka Pahang Darul Makmur Malaysia.

"Harapan kita dengan diterimanya penghargaan ini turut mengharumkan nama Kuantan Singingi di tingkat international dan memberikan motivasi yang sangat besar dalam rangka pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka di Kabupaten Kuantan Singingi," kata Asisten II Setdakab Kuansing ini.hks