RENGAT, GORIAU.COM - Bupati Inhu Yopi ArIanto, SE, Minggu (14/4/2013) membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) VIII Kecamatan Sei Lala. Acara diawali dengan pelepasan defile kafilah yang terdiri dari 12 desa se-Kecamatan Sei Lala di  Desa Sungai Pasir Putih,

Hadir pada kesempatan itu seluruh tokoh masyrakat, Kepala Desa/ Lurah di Kecamatan Sei Lala, dan pejabat-pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala Desa (Kades) Sungai Pasir Putih Zulkarnaen mengatakan bahwa MTQ VIII tingkat Kecamatan Sei Lala  akan memperlombaan beberapa cabang diantaranya tingkat anak-anak putra dan putri, tingkat remaja putra dan putri, dewasa putra dan putri,  Tartil anak-anak putra dan putri, Hifzil Qur’an serta Perlombaan Rabbana tinggkat Kecamatan Sungai Lala.

Camat Sei Lala Yuli Amrina, S.Sos  mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan MTQ ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan dan mendukung visi misi Kabupaten Indragiri Hulu untuk menciptakan masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu yang agamis.

MTQ ini juga merupakan wadah dalam penyaringan bakat bagi Kecamatan Sungai lala untuk mengikuti MTQ Tingkat Kab. Inhu tahun 2013 mendatang, dan yang terpenting adalah MTQ ini adalah salah satu bentuk Syiar Agama Islam, serta sebagai ajang silaturahmi antara umat islam yang ada di Kecamatan Sungai Lala Khususny dan Kab. Inhu umumnya.

Pembukaan  MTQ ke-VIII tingkat Kecamatan Sungai Lala ini  ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Indragiri Hulu Bupati Inhu dalam sambutan menyampaikan apresiasi kepada seluruh Kafilah, masyarakat dan aparat Pemerintahan Kec. Sei Lala yang sangat antusias dalam menyukseskan dan memeriahkan acara MTQ Ke VIII Tingkat Kecamatan Sungai Lala ini.

Selain itu Bupati Yopi Arianto, SE juga memberikan bantuan berupa kain sarung sebanyak 100 lembar, mukenah 100 lembar kepada Masyarakat serta uang sejumlah Rp30 juta kepada panitia untuk menyukseskan acara tersebut.

Bupati juga memberikan apresiasi dan bantuan sebesar Rp 2 Juta  kepada para pemain kesenian Lukah Gila yang juga turut memeriahkan MTQ VIII tingkat Kecamatan Sei Lala. 

Yopi mengatakan akan terus mengupayakan dan membangun serta membantu untuk pembangunan Kecamatan Sei Lala, ini semua akan terwujud dengan kerja sama yang baik antar masayarakat dan pihak pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu. (aun)