BENGKALIS, GORIAU.COM - BUMD PT Bumi Laksamana Jaya akan merekrut 40 orang putra daerah dengan sistem ikatan dinas untuk ditraining menjadi tenaga ahli operator PLTU dan PLTG, tenaga welder (las), mekanikal, elektrikal, chemical dan bidang lainnya.

Rekrutmen ini dalam rangka persiapan PT BLJ yang akhir tahun ini akan membangun dua pembangkit listrik yakni, PLTU 2 X 35 MW di Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis berbahan bakar batu bara dan PLTGU 1 x50 MW (PLTG 1 x 35 MW dan PLTU 1 x 15 MW combined cycle) di Kecamatan Pinggir, Duri. Total keduanya 120 MW bekerjasama dengan konsorsium dan bank penjamin dengan total nilai proyek Rp1,6 triliun. Salah satu konsorsiumnya adalah PT ZUG Industry Indonesia.

''Untuk mensupport kebutuhan PLTU dan PLTGU tersebut, PT BLJ melalui Program Pengembangan SDM-nya bekerja sama dengan PT ZUG akan merekrut untuk Angkatan I sekitar 40 orang anak-anak Kabupaten Bengkalis minimal lulusan D3 diutamakan lulusan Politeknik Negeri Bengkalis atau universitas lainnya. Mereka akan direkrut melalui sistem ikatan dinas oleh PT BLJ dan akan dikirim mengikuti training selama 6 bulan di PT ZUG di Jakarta,'' kata Direktur PT Bumi Laksamana Jaya Yusrizal Andayani didampingi General Manager PT BLJ Keri Lafendi dan Manager Humas & CSR PT BLJ Haspian Tehe, Selasa (23/10/2012).

Dipaparkan Yusrizal, PT Zug ini sudah berpengalaman membangun PLTU dan PLTG milik BUMN dan sudah mendapat kepercayaan dari PT PLN seluruh Indonesia. Program Pengembangan SDM PT BLJ ini merupakan bukti kepedulian perusahaan untuk memberdayakan anak-anak daerah Kabupaten Bengkalis menjadi tenaga ahli di PLTU/PLTG yang profesional dan bidang teknik lainnya.

''Begitu lulus training di PT ZUG, mereka akan ditempatkan terlebih dahulu bekerja di PLTU/PLTG se-Indonesia di bawah naungan PT ZUG dan PT PLN. Tapi jika PLTU/PLTGU milik PT BLJ nanti mau beroperasi, mereka akan kita tarik kembali pulang ke Bengkalis. Jika mereka tak mau tak apa, tetapi mereka harus mengganti biaya pendidikan karena ini sistem ikatan dinas,'' tutur Yusrizal Andayani, lulusan IPB Bogor yang pernah 8 tahun di PT Riau Investement Corporation (RIC), BUMD milik Provinsi Riau.

Ditambahkan Manager Humas & CSR PT BLJ Haspian Tehe, lamaran dibuka mulai 24 Oktober sampai 10 Desember 2012. Seleksi administrasi: 15 Desember 2012 – 15 Januari 2013, psikotest 25 Januari 2013 dan pengumuman lulus 31 Januari 2013. "Informasi selanjutnya lihat di Kantor PT BLJ Bengkalis atau di website kita," jelas Haspian. (jfk/rls)