BENGKALIS, GORIAU.COM - Pemkab Bengkalis menyiapkan dua alternatif tempat untuk astaka utama MTQ tingkat Provinsi Riau XXXI yang akan digelar di Bengkalis, Desember mendatang. Pertama di lapangan Pasir Andam Dewi dan kedua di lapangan Tugu Bengkalis.

Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh kepada sejumlah wartawan, akhir pekan kemarin mengatakan, kemungkinan besar Pemkab akan memilih lokasi di lapangan Pasir Andam Dewi. Selain lokasinya yang luas, pemandangannya juga lebih cantik dengan latar belakang Selat Bengkalis.

''Memang kalau di lapangan pasir ini tantangannya hembusan angin, apalagi acaranya digelar bulan 12. Tapi kita berharap dan bermohonlah agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan hembusan angin tidak menjadi kendala,” harap Bupati.

Sementara kalau lapangan Tugu, jelas Bupati, sebetulnya tidak banyak pekerjaan yang harus dilakukan karena di lapangan tersebut sudah ada panggung. Hanya saja lokasinya agak sempit, sehingga sulit ditata. ''Hasil rapat panitia, nampaknya lebih memilih lapangan pasir,'' sambungnya.

Terkait pemondokan kafilah, Pemkab akan menyiapkan sejumlah hotel dan wisma yang ada di Kota Bengkalis. Jumlah hotel dan wisma dirasa mencukupi, sehingga panitia tidak perlu menempatkan para kafilah di rumah-rumah penduduk.

''Data yang sampaikan panitia, jumlah hotel dan wisma yang ada di Kota Bengkalis sudah mencukupi, jadi tak perlu lagi menumpang di rumah penduduk. Kita ingin memberikan layanan terbaik kepada seluruh tamu yang datang,'' ujar Bupati.

Hanya saja untuk malam pembukaan, jumlah tamu yang datang diperkirakan lebih banyak. Untuk mengatasinya panitia akan menyiapkan beberapa alternatif. ''Intinya, seluruh tamu yang datang harus terlayani dengan baik,'' paparnya.

Mengingat giliran untuk menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Riau ini butuh waktu lama, jadi tidak ada salahnya ketika dipercaya atau ditunjuk menjadi tuan rumah Bengkalis berupaya membuat MTQ sebagus dan semeriah mungkin. Selain memberikan kesan kesiapan tuan rumah, juga ingin memeriahkan helat tahunan tersebut.

''MTQ ini kan setahun sekali, untuk dapat giliran menjadi tuan rumah kita harus menunggu 13 tahun, sesuai dengan jumlah kabupaten/kota di Riau. Jadi momen belasan tahun ini harus kita siapkan dengan baik,'' jelasnya.

Dalam kesempatan itu Bupati juga berharap dukungan seluruh media untuk bisa meliput seluruh rangkaian dan kegiatan MTQ di Bengkalis nantinya. ''Kami juga berharap dukungan rekan-rekan wartawan untuk terus mengekspose kegiatan MTQ nantinya,'' pinta Bupati. (jfk)