BENGKALIS, GORIAU.COM - Tak mau mengecewakan, Pemkab Bengkalis terus menggesa pembangunan astaka dan tribun penonton Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXI tingkat Provinsi Riau tahun 2012. Pembangunan astaka berbentuk kapal ini dikerjakan oleh 40 orang lebih tukang.

Disain utama astaka nantinya akan menyerupai kapal layar berkembang dengan panjang sekitar 40 meter. Pembangunan astaka utama yang sekaligus dijadikan pentas dikerjakan kontraktor dan ditargetkan tuntas pada pertengahan November 2012.

''Pentas sedang dibangun oleh kontraktor dan akan digunakan untuk Astaka utama MTQ. Penyelesaiannya terus digesa, mulai malam ini para pekerja akan lembur. Kita targetkan pertengahan November sudah siap semua,'' ujar Kepala Bagian Umum Setdakab Bengkalis, Herman Ahmad ketika meninjau pembangunan pentas, Rabu (31/10/2012).

Untuk pelaksanaan event yang digelar setiap tahunnya ini, diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp12,5 miliar melalui sistem budget sharing. Pemerintah Kabupaten Bengkalis menghibahkan anggaran sekitar Rp9,5 miliar, sementara Pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp3 miliar.

Pantauan di Lapangan Tugu Bengkalis, tempat dibangunnya astaka utama, Rabu (31/10/2012), para pekerja sibuk mengerjakan astaka dan tribun penonton di bagian kanan dan kiri dari astaka. Kemudian ditambah 3 tribun VVIP dan VIP menghadap Astaka.

Sementara itu Panitia Seksi Bidang Astaka, Tata Lampu, Listrik dan Suara MTQ Riau, Syarifuddin menyatakan, seluruh pembangunan astaka dan tribun ditargetkan tuntas secara keseluruhan 5 Desember. Khusus untuk listrik di luar daya PLN, disiapkan 3 unit mesin genset dengan kekuatan sekitar 450.000 watt.

''Target kita semuanya sudah siap 5 Desember. Khusus tribun ada tujuh yang akan dibangun, empat khusus penonton sedangkan tiganya untuk VVIP dan VIP yang menghadap Astaka persis di badan Jalan Ahmad Yani,'' ujar pria pria yang akrab disapa Katan ini. (jfk)