BENGKALIS, GORIAU.COM - Setelah sempat diragukan, akhirnya pemilihan lokasi pembangunan astaka MTQ Riau yang akan dilaksanakan di Bnegkalis ditetapkan di Lapangan Tugu. Sementara untuk Bazar akan dilaksanakan di Lapangan Pasir.

Keputusan ini diambil setelah Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh didampingi Asisten I dan sejumlah kepala dinas dan badan meninjau lokasi MTQ tingkat Provinsi Riau, Rabu (17/10/2012).

''Awalnya astaka direncanakan dibangun di Lapangan Pasir, bazar di Lapangan Tugu. Dengan pertimbangan faktor alam, lokasi astaka ditetapkan di Lapangan Tugu, sementara bazar di Lapangan Pasir,'' ujar Asisten I H Burhanuddin kepada sejumlah wartawan di Kantor DPRD Bengkalis, Rabu (17/11/2012).

Dipaparkan Asisten I, dari segi lokasi dan luas areal, sebelumnya direncanakan lapangan Pasir sangat pas dijadikan tempat astaka. Tapi atas pertimbangan faktor alam, mengingat MTQ akan digelar akhir tahun, maka diputuskan di Lapangan Tugu.

''Akhir tahun biasanya angin kuat, sehingga dikhawatirkan nanti bisa mengganggu pelaksanaan MTQ kalau astakanya dibangun di dekat laut. Atas pertimbangan itulah Pak Bupati memutuskan astaka dibangun di Lapangan Tugu, sementara bazar di Lapangan Pasir,'' ujar Asisten I.

Mengingat waktu persiapan tinggal dua bulan lagi, papar Asisten I, Bupati telah memerintahkan kepada panitia untuk mulai melakukan persiapan dari sekarang. Termasuk Lapangan Tugu yang masih terdapat beberapa kekurangan.

''Panggung yang sedang dibangun saat ini akan dijadikan astaka utama tinggal menambah sisi kanan panggung sebagai pendukung. Pak Bupati berharap pekerjaan pembangunan panggung bisa secepatnya diselesaikan oleh rekanan. Beliau juga minta ada beberapa bagian di Lapangan Tugu ditata ulang sehingga kelihatan rapi dan indah,'' tutup Asisten I. (jfk)