BENGKALIS, GORIAU.COM - Asisten II Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan,HA Yaksan Hamzah menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak di stand Kabupaten Bengkalis usai membuka Pameran Produksi Dalam Expo 2012 di Kota Makassar, Kamis (4/1). Sambil istirahat, Yaksan disuguhi minuman khas Riau, Air Lancang Kuning.

Yaksan juga menyempatkan diri berbincang-bincang dengan panitia penyelenggara, H Nurhadi. Sebelumnya, Yaksan juga mendapatkan penjelasan singkat dari ketua rombongan yang juga Kepala Bidang Promosi dan Investasi Badan Pelayanan Terpadu Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri, tentang peluang-peluang investasi di Kabupaten Bengkalis.

Begitu dibuka untuk umum, stand dari Kabupaten Bengkalis menjadi perhatian tersendiri bagi para pengunjung. Penampailan stand Kabupaten Bengkalis memang sangat bagus dibandingkan stand yang ada. Dengan luas 3 x 6 meter, tampak disain stand memang dirancang dengan baik dan lighting yang mendukung. Tampak berbeda dengan stand peserta lainnya yang hanya menampilkan kondisi apa adanya.

Kemudian isi atau tampilan standnya juga beragam, tidak hanya menampilkan foto-foto atau brosur saja, tapi juga menampilkan produk-produk unggulan daerah baik itu kerajinan tangan maupun makanan khas daerah. Pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan makanan khas Negeri Junjungan, tapi juga bisa mencicipinya.

Stand Bengkalis juga menyediakan souvenir gratis bagi para pengunjung yang beruntung, berupa buku-buku peluang investasi, serta makanan khas dan kerajinan daerah. Di areal pameran Trans Studio Mall, dimana-mana terlihat para pengunjung menenteng souvenir dari Bengkalis.

''Kita memang memberikan secara gratis, karena pameran ini kan ajang bagi kita untuk promosi. Konsep kita, bagaimana ajang seperti ini bisa benar-benar dimanfaatkan untuk memperkenalkan kabupaten Bengkalis dari segala aspek,'' ujar Johan seraya menambahkan, bagi-bagi souvenir dan mencicipi makanan khas Kabupaten Bengkalis memang sudah menjadi tradisi stand Negeri Junjungan setiap mengikuti pameran, bazar maupun expo.

Di ajang pameran yang diselenggarakan dari tanggal 4 – 7 Oktober 2012 tersebut, Kabupaten Bengkalis juga mendapat kehormatan untuk menyampaikan sambutan secara tertulis di Katalog Pameran. Kehormatan tersebut tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Bengkalis mengingat jumlah peserta yang terdaftar mencapai 80 stand. Di buku Katalog tersebut, hanya ada tiga sambutan tertulis, pertama dari Pemerintah Provinsi Riau, kedua dari panitia penyelenggara dan ketiga dari Pemkab Bengkalis.

Dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kepala BPPT Kabupaten Bengkalis, H Umran itu, disebutkan bahwa sejalan upaya yang tengah dilakukan Pemkab Bengkalis, baik dalam mengembangkan produk-produk unggulan dan produk kreatif maupun calon investor/pelaku usaha agar menanamkan modalnya di Kabupaten Bengkalis, maka merupakan kehormatan tersendiri bagi BPPT Kabupaten Bengkalis untuk ikut ambil bagian dari kegiatan PDN Expo 2012.

Ajang tersebut merupakan salah satu media yang efektif untuk mempromosikan peluang investasi unggulan yang dimiliki. Pemkab Bengkalis yakin tujuan PDN Expo 2012 tersebut akan tercapai dengan baik. (jfk)