PEKANBARU, GORIAU.COM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pekanbaru hadir meramaikan dan mensukseskan Konggres IX AJI yang diselenggarakan di Bukittingi, 27-29 November 2014. Delegasi AJI Pekanbaru yang berjumlah 10 orang memiliki sekitar 8 suara dan akan memberikannya kepada kandidat ketua AJI Indonesia yang mampu memberi kontribusi terbaiknya kepada AJI.

Menurut Ketua AJI Pekanbaru, Fakhrurrodzi, Kamis (26/11/2014), delegasi Pekanbaru akan berangkat dalam dua tahap. Tahap pertama berangkat pada Hari Rabu (26/11/2014) untuk mengikuti sejumlah rangkaian acara sebelum acara puncak pemilihan ketua AJI Indonesia.

"AJI Kota Pekanbaru memfasilitasi para anggotanya yang ingin menghadiri konggres AJI. Peserta bisa mengikuti sejumlah agenda yang telah disusun, diantaranya seminar, pembahasan AD/ART AJI dan pemilihan ketua," terang Fakhrurrodzi.

Menurutnya, sejumlah nama mulai menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI Indonesia periode 2014-2017. Berdasarkan catatan Panitia Lokal Kongres IX AJI, setidaknya empat calon Ketua Umum memastikan maju dalam proses pemilihan yang akan diikuti delegasi 34 AJI kota dan tiga AJI kota persiapan yang tadi baru dikukuhkan. Mereka adalah Abdul Manan, Iman D. Nugroho, Ruslan Sangadji dan Suwarjono.

Abdul Manan (Redaktur Tempo) mendeklarasikan diri untuk maju sebagai Ketua Umum AJI berpasangan dengan calon Sekjen Rinjani (Jurnalis Forbes). Begitu pula Suwarjono (Pemred Suara.Com) menyatakan akan berpasangan dengan Arfi Bambani (Kepala Kompartemen Nasional, Politik dan Metropolitan Viva.Co.Id).

Hampir seluruh delegasi peserta Kongres IX, Rabu (26/11) telah berada di Bukittinggi. Delegasi AJI kota dari Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali, dan Jawa, sejak Selasa (25/11), sudah berkumpul di Sekretariat AJI Indonesia di Jakarta. Pertemuan para delegasi AJI Kota tersebut mulai diwarnai dengan lobi-lobi antar kandidat.(wdu)