PEKANBARU, GORIAU.COM- Angka pencari kerja di Pekanbaru ternyata masih besar, bahkan dari pencari kerja itu, umummya tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Berdasarkan data yang mengurus kartu AK-1 atau kartu kuning di Disnaker Pekanbaru, paling tidak tercatat 5.732 lulusan SMA yang masih mencari kerja dengan rincian 3.111 pria dan 2.621 perempuan.

Saat tingginya angka pencari ini dikonfirmasi kepada Kepala Disnaker Pekanbaru Pria Budi, dia mengakui bahwa data tersebut memang benar. Data tersebut berdasarkan mereka yang mengurus kartu kini. ''Kalau lulusan SMA yang mencari kerja, saya rasa lebih besar dari itu, karena sebagian besar mereka tidak mengurus kartu kuning,'' ujar Pria Budi didampingi Kepala Seksi (Kasi) Informasi Pasar Kerja serta Bursa Kerja Abdul Rahim MMA.

Dijelaskan, total pencari sampai pertengahan Februari 2013 sebanyak 12.523 orang dengan rincian pria 5.838, dan perempuan 6.685 untuk semua lulusan. Adapun rincian mereka yang sedang mencari kerja adalah lulusan SD/tidak lulus 23 orang, lulusan SMP Sederajat 23 orang, SLTA Sederajat 5.732 orang, lulusan D I sebanyak 161 orang, lulusan D II sebanyak 345, lulusan D III sebanyak 1.263, lulusan S I sebanyak 4.744, lulusan S II sebanyak 230.

Pada kesempatan itu, Pria Budi juga menjelaskan proses pembuatan AK-1 cukup sederhana dengan melampirkan persyaratan seperti indentitas (KTP,red) Pekanbaru, ijazah, dan pas foto. Untuk pengurusan tidak dikenakan biaya. Dan bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan harus melapor enam bulan sekali.

Begitupun sebaliknya, sambung Pria Budi, jika sudah mendapatkan kerja di suatu perusahaan, maka diharapkan memberikan informasi ke Disnaker Pekanbaru. Sebab ini bertujuan untuk memperbaharui data base, termasuk untuk mengetahui halnya jumlah pencari kerja keseluruhannya. Karena data-data ini harusnya diperbaharui. (rdi)