KUANTAN SINGINGI, GORIAU.COM - Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68, Kecamatan Kuantan Hilir melaksanakan Pacu Jalur Tradisional yang akan dilaksanakan besok (12/08/2013) di Tepian Lubuak Sobae, Baserah.

Setidaknya, sebanyak 52 buah jalur sudah mendaftar di Sekretariat Panitia yang berlokasi di Gedung Serba Guna Kantor Camat Kuantan Hilir. Selain mendaftar, hari ini (11/08/2013) panitia mengundang seluruh utusan jalur untuk mengadakan technical meeting.

"Tadi kami sudah melaksanakan technical meeting bersama seluruh utusan jalur yang mendaftar dan dilanjutkan dengan pencabutan undian," ungkap Yanizur Taher, Ketua Pelaksana kepada www.goriau.com setelah acara.

Dari pantauan GoRiau.com, ternyata tidak hanya jalur yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi saja yang akan bertarung. Satu jalur dari kabupaten tetangga, Indragiri Hulu juga akan berkompetisi dalam ajang yang bergengsi di kehidupan masyarakat Rantau Kuantan.

Menurut Yanizur, meskipun tahun ini Kecamatan Kuantan Hilir tidak ditunjuk sebagai pelaksana pacu jalur oleh pemerintah kabupaten, namun masyarakat tetap semangat melaksanakannya secara swadaya. "Sekarang kan ada rayonnya, kebetulan tahun ini kita tidak dapat," katanya.

"Oleh sebab itu, kita berterimakasih kepada pihak-pihak yang sudah memberikan bantuan sehingga acara ini bisa terlaksana," sambung Yanizur.

Sebelumnya, setiap kecamatan diberi anggaran untuk mengadakan Pacu Jalur. Namun, mengingat anggaran begitu besar, akhirnya sejak dua tahun terakhir ini, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi mengambil kebijakan pemberlakuan sistem rayon.(san)