PEKANBARU, GORIAU.COM - Sedikitnya 35 perusahaan ambil bagian pada pameran bursa tenaga kerja (job fair) yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pekanbaru di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Islam Negeri (UIN) Suska, Panam, Pekanbaru, 20 - 21 November 2012. Diperkirakan, paling tidak terdapat 1.500 lowongan kerja baru selama pameran.

Kepastian ini disampaikan Kepala Disnaker Pekanbaru Pria Budi didampingi Kasi Informasi Pasar Kerja, Abdul Rahim kepada wartawan, Rabu (14/11/2012). Pria Budi mengatakan, 35 perusahaan yang ikut ambil bagian berasal dari beberapa sektor. ''Ini kegiatan kedua dan berbeda dengan sebelumnya, tahun ini langsung dibiayai melalui APBN,'' tambahnya.

Pria Budi menjelaskan, ke-35 perusahaan yang telah mendaftar tersebut dari sektor perkebunan, jasa, perdagangan, alat berat, tekhnik industri, perbankan dan apotik. Semuanya merupakan perusahaan berskala nasional dan juga daerah, seperti PT Swakarsa Insanin Mandiri, PT Pindo Deli, PT Indo Mobile Finance, PT Sinar Sosro Tbk, PT IKPP, CV Vyto Global Media, PT Mustika Citra Rasa, PT Melawai Group. Di kelomok bank ada Bank Danamon, Bank CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Van Hallano, SNS Garuda Food, PT Mutual Plus, Alfa Scorpy, PT Peputra Maharaja, Bina Asia, Bintang Property, Sempoa SIT, PT Sumber Alfaria Sumber Jaya, Indo Marco, Bina Asia Persada, PT First Resour Safety, Wings Group dan lainnya.

Dengan adanya pameran ini, kata Pria Budi diharapkan dapat mengurangi angka penggangguran yang terdapat di Kota Pekanbaru yang kini mencapai angka 39 ribu orang. ''Angka ini memang berkurang sebanyak 1.750 orang setelah helat yang sama awal tahun 2012. Dan tahun ini diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran,'' ujarnya.

''Ini keberuntungan bagi Pekanbaru karena penggangguran akan berkurang, sebab nantinya 35 perusahaan yang ikut akan merekrut 1.500 orang sesuai keahlian yang dibutuhkan. Maka katanya, diingatkan pencari kerja dapat memanfaatkan momen ini. Apalagi pada kesempatan itu, para peserta bisa memilih langsung jenis pekerjaan yang dinginkan, sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan klasifikasi pendidikan dengan lowongan disediakan. Sebab, peserta yang lolos menjalani tes ini, akan langsung diinformasikan terima bekerja,'' jelasnya.

Untuk itu, kesempatan besar bagi pencari kerja ini jangan sampai disia-siakan. ''Siapkan berkas dan bergegas masukan lamaran bagi semua jenjang pendidikan. Yang tentunya itu harus dilengkapi persyaratan mencari kerja seperti curiculem Vitae, pas Photo, izajah, kartu pencari kerja sesuai yang dibutuhkan," terangnya.

Kegiatan ini nantinya akan dibuka oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT, dengan dihadiri jajaran perwakilan perusahaan, Kepala Disnakertranduk Provinsi Riau, Rektor UNI Suska, Kementerian Tenaga Kerja Transmigrasi (Kemenakertrans) RI. (rdi)