TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Untuk yang pertama kalinya, Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) menggelar acara wisuda perdana melalui sidang senat terbuka Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS). Uniks mewisuda 422 diploma dan sarjana, bertempat di gedung Abdoel Rauf Teluk Kuantan, Kamis (23/10/2014).

Dari 422 orang yang diwisuda dengan rincian Fakultas Pertanian sebanyak 108 orang, Fakultas Teknik 201 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 113 orang dengan jumlah keseluruhan yang diwisuda sebanyak 422 orang.

Hadir pada acara wisuda perdana Uniks tersebut, Bupati Kuansing H Sukarmis, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra, Wakil ketua DPRD Alhamra, para pejabat dilingkungan Pemkab Kuansing. Juga hadir perwakilan Kopertis wilayah X Padang bidang kepegawaian Jamurin serta para profesor, doktor, akademisi, para wisudawan dan wisudawati serta para orang tua dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Rektor Uniks Liusman Saleh mengatakan, ini merupakan wisuda perdana tahun akademik 2014-2015 sejak Universitas ini ditetapkan tahun lalu. Dimana UNIKS saat ini memiliki 4 fakultas dan 14 program studi. Dimana fakultas pertanian ada 4 program studi diantaranya agreteknologi, perkebunan, peternakan dan agribisnis.

Kemudian fakultas teknik sipil terdiri program studi pertencanaan wilayah kota, manajemen informatika dan teknik informatika. Fakultas tarbiyah dan keguruan dengan program studi pendidikan agama islam, pendidikan kimia dan perbankan syariah. Dan fakultas ilmu sosial dengan program studi ilmu hukum, ilmu adminitrasi negara dan akutansi.

Kemudian jumlah mahasiswa yang menuntut ilmu di universitas ini ada sebanyak 2.780 orang, dengan rincian pada fakultas pertanian sebanyak 873 orang, fakultas teknik 753 orang, fakultas tarbiyah dan keguruan 437 orang dan fakultas ilmu sosial 276 orang.

''Alhamdulillah 422 diploma dan sarjana ini disetujui oleh kopertis wilayah X Padang untuk diwisuda hari ini,'' katanya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kuansing H Sukarmis mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah diwisuda menjadi diploma dan sarjana. Bahkan Bupati Sukarmis didampimgi Ketua DPRD Andi Putra bersalaman dengan para wisudawan dan wisudawati. (ji)