PEKANBARU, GORIAU.COM Keluarga besar SMP Kartika 1-5 Pekanbaru memberikan santunan kepada Sukna Clarissa (5 bulan), bayi penderita atresia billier (penyakit penyumbatan saluran empedu). Bantuan itu diserahkan langsung oleh Kepala SMP Kartika 1-5 Nurmaida, MPd, kepada orangtua Sukna di RSUD Arifin Ahmad, Pekanbaru, Sabtu (28/3/2015).

Nurmaida datang membesuk Sukma bersama majelis guru dan pengurus OSIS SMP Kartika 1-5.

Santunan sebesar Rp4 juta yang diserahkan Nurmaida kepada orangtua Masha (panggilan untuk Sukna) berasal dari sumbangan para siswa dan guru SMP Kartika 1-5 Pekanbaru. Dana ini digalang pengurus OSIS SMP Kartika sejak Rabu (25/3) hingga Jumat (27/3). Aksi pengumpulan dana bantuan untuk Sukna dilakukan OSIS SMP Kartika 1-5 setelah mengetahui penderitaan bayi Sukma dari berita yang dilansir media online Goriau.com.

Kepala SMP Kartika 1-5 Nurmaida mengatakan, santunan ini merupakan bentuk kepeduliaan keluarga besar SMP Kartika 1-5 kepada Sukna Clarissa. "Walaupun kita tidak pernah bertemu atau berkenalan sebelumnya, yang jelas kita adalah saudara. Sesama saudara harus saling membantu, apalagi jika saudara tersebut sedang mengalami kesulitan seperti yang sedang dialami oleh kedua orangtua Sukna ini," kata Nurmaida.

Kegiatan ini, lanjut Nurmaida, juga bertujuan menumbuhkan sikap berbagi dan peduli terhadap sesama pada diri para siswa SMP Kartika 1-5. "Sebagian besar dana untuk kegiatan ini bersumber dari anak didik dan para guru di lingkungan SMP Kartika," jelasnya.

Guswandi, SPd, pembina OSIS SMP Kartika 1-5, menambahkan, kegiatan sosial seperti ini rutin dilakukan SMP Kartika setiap tahun. Tujuannya, sambung Guswandi, untuk menanamkan kesadaran kepada siswa-siswi tentang pentingnya kepedulian kepada sesama manusia.

"Kami ikut prihatin dengan penyakit yang sedang diderita Sukna Clarissa . Mudah-mudahan sumbangan ini bisa sedikit membantu meringankan biaya pengobatan Sukna," ujarnya.

Ayah Sukna, Sukri, menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar SMP Kartika dan berharap kegiatan ini mendapat ridha dan balasan dari Allah SWT.

"Terima kasih kepada keluarga besar SMP Kartika karena telah memberikan bantuan untuk Sukna. Mudah-mudahan apa yang Bapak-Ibu dan anak-anak lakukan ini mendapat ridha dan balasan dari Allah SWT," kata Sukri.rls