PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - SD Negeri 010 Pangkalan Kerinci yang berada di Bumi Lago Permai mempunyai kegiatan rutin digelar pada bulan Ramadan, yaitu pemberian santunan pada siswa tak mampu dan anak yatim di sekolah tersebut.

Berikut yang disampaikan oleh Kepsek SDN 010 BLP Pangkalan Kerinci, M Syafi'i SPd.I, usai pemberian santunan pada siswa yatim dan kurang mampu di sekolahnya.

Tahun ini, ada sebanyak 23 siswa diberikan santunan oleh pihak sekolah. Jumlah tersebut terdiri dari 12 siswa yang yatim dan 11 siswa berasal dari keluarga yang kurang mampu. Untuk anak yatim sendiri, pihaknya memberikan santunan sebesar Rp 600 ribu sedangkan untuk anak kurang mampu diberikan sebesar Rp 200 ribu.

"Siswa yang kita berikan santunan ini berasal dari siswa kita sendiri, dari siswa kelas 1 sampai kelas 6, yang penting memenuhi kriteria yang kita tetapkan yakni anak yatim dan kurang mampu dalam hal ekonomi," ujarnya.

Syafi'i menjelaskan, bahwa dana santunan ini merupakan infaq yang diberikan oleh para murid dan guru tiap harinya. Dan dana santunan yang dibagikan pada Jumat kemarin itu sebenarnya telah dimulai dari bulan Juli tahun 2013 lalu.

"Alhamdulillah, dari hasil infaq yang kita edarkan tiap harinya itu pada murid dan guru dengan sedekah minimal Rp 100, saat ini terkumpul jumlah sebesar Rp 10,5 juta. Dan uang itulah yang kita berikan sebagai santunan pada 23 siswa yang kurang mampu dan anak yatim itu,"sebutnya.

Dijelasknya, kegiatan ini tak hanya diberlakukan bagi para siswa yang muslim saja tapi juga diberikan bagi siswa yang non muslim.

"Kalau untuk siswa yang muslim kita berikan tiap bulan ramadan, jelang lebaran tapi kalau siswa non muslim kita berikan juga santunan jelas perayaan Natal," terangnya.

Syafi'I berharap, kegiatan yang bermanfaat ini dapat terus berlanjut, karena melalui kegiatan ini rasa persaudaraan antar para guru dan siswa makin erat terjalin.(rkn)