PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Ratusan pelajar SMKN I Tambusai mengikuti sosialisai bahaya narkoba dan dampak penyakit menular HIV/AIDS. Acara dipadu dengan kegiatan tertib lalulintas dan peningkatan pengelolaan dan pembentukan forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Kecamatan Tambusai.

Kegiatan itu dilaksanakan di raung kelas, Kamis (23/10) dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Rokan Hulu, Kapolres Rokan Hulu, Kasat Res Narkoba Rokan Hulu, Kasat Lantas Rokan Hulu, Perwakilan Komite Perlindungan HIV/AIDS Provinsi Riau, Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika), para guru, komite sekolah dan lainnya.

Diterangkan, Kepala Sekolah SMKN I Tambusai, Niswan sosialisai ini bertujuan untuk memajukan sekolah agar mereka tidak terlibat bahaya yang bersifat negatif, “ temasuk pendirian forum osis ini sebagai media komunikasi antara siswa, sebenarnya untuk memajukan pendidikan itu bukan hanya tanggung jawab dari pihak sekolah saja tapi juga dari osis sebagai subjek pendidikan,” ujarnya.

Kata Niswan, dibentuknya Forum OSI ini untuk menselaraskan masalah peraturan sekolah sesuai dengan tuntunan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) RI No 81 tahun 2013, setidaknya dalam suart itu ada pengembangan 53 krakter dari pelajar itu sendiri, yakni jujur, saling toleransi, kerja keras, berusaha untuk memajukan sekolah dan lainnya.

Dalam hal ini ada resiko apabila disiplin atau peraturan dibuat pihak sekolah saja akan timbul permasalah

''Seorang anak umpamanya merokok akan kena sanksi secara bersama dengan Forum OSIS jadi akan kita buat setandart untuk menaggulanginya,'' sebut Niswan. (ram)