PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menggelar pelatihan dasar Pemanenan (Harvesting) dan Penanaman (Plantation) akasia kepada masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan, Kamis (30/10) di Estate Pelalawan, Desa Pelalawan. Pelatihan tersebut ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam proses tanam hingga panen kayu akasia dan taraf hidup ekonomi masyarakat.

Koordinator Program Small Medium Enterprises (SMEs), Community Development (CD) RAPP, Amir Hamzah mengatakan program pelatihan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mengedukasi dan memberikan peluang pekerjaan atau usaha kepada masyarakat.

''Ini salah satu program CD RAPP kepada masyarakat, melalui program pengembangan UKM. Semoga pelatihan ini dapat menambah ilmu dan wawasan bagi yang berminat untuk menjadi tenaga kerja atau menjadi kontraktor bidang harvesting dan plantation,'' kata Amir.

Sementara itu, Koordinator Region CD RAPP, Suroso Achmad mengatakan dalam pelatihan ini, para peserta disuguhi materi dari Tim Estate Pelalawan mengenai teknis operasional kayu di lapangan, termasuk best practice dalam menjalankan usaha dan mencegah hal-hal yang akan merugikan seperti kebakaran atau kecelakaan kerja di lapangan.

''Jadi masyarakat melalui pemuda-pemuda dari karang taruna yang ikut dalam pelatihan ini akan memahami bagaimana sebenarnya operasional kita di lapangan, dan juga bisa mengantisipasi berbagai kejadian seperti kebakaran atau kecelakaan kerja di lapangan," kata pria yang akrab disapa Kak Os ini.

Sekretaris Desa Kuala Panduk, Abu Samah mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada RAPP atas kepeduliannya dalam mennyelenggarkan pelatihan ini. Dirinya berharap agar para peserta dapat memanfaatkan hasil pelatihan tersebut sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi kehidupan ke depannya.

''Pelatihan justru lebih bermanfaat daripada bantuan bentuk uang yang sekejap bisa habis begitu saja, tapi kalau ilmu yang diberikan ini bisa sepanjang masa dimanfaatkan," kata Sekdes.

Pelatihan satu hari ini diikuti oleh 35 orang peserta dari dua desa yaitu Kuala Panduk dan Petodaan yang ada di Estate Pelalawan. Untuk pemateri disampaikan oleh Askep Harvesting, Surahno dan Askep Plantation, Hirwansyah. (rls)