BENGKALIS, GORIAU.COM - Sebanyak 364 mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (PNB) yang berasal dari 7 program studi (Prodi) diwisuda di GOR Perkasa Alam, Sabtu (20/9/2014). Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 75 lulusan berprediket cumlaude.

Secara rinci lulusan prodi Teknik Perkapalan sebanyak 20 orang, prodi Teknik Mesin sebanyak 24 orang, prodi Teknik Elektro sebanyak 39 orang, prodi Teknik Sipil 82 orang. Kemudian prodi Admistrasi Bisnis sebanyak 80 orang, prodi Bahasa Inggris Bisnis sebanyak 27 orang dan terakhir prodi Teknik Informatika sebanyak 91 orang. Sementara lulusan dengan IPK tertinggi diraih Yessi Yuspitasari dari prodi Bahasa Inggris Bisnis, IPK 3,88.

Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh berpesan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan pengetahuan. Terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang sebentar lagi akan diberlakukan.

''Untuk bisa bersaing dengan negara Asean lainnya, maka kita harus memiliki SDM yang handal.  Para lulusan yang baru diwisuda harus terus meningkatkan kualitas pengetahuan. Jangan hanya puas dengan menamatkan perkuliahan di Politeknik Negeri Bengkalis semata. Namun harus ditingkatkan dan dilanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi,'' ujar Herliyan seraya menyampaikan Pemkab Bengkalis telah menganggarkan beasiswa untuk membantu mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi.

Bupati juga berpesan agar lulusan mampu berkiprah di tengah-tengah masyarakat, termasuk memiliki kecerdasan fisik, keilmuan dan keintelektualan, memiliki karakter, seperti spiritual dan emosional yang baik, juga harus senantiasa dibina dan dipupuk sejak dini. Disamping itu, kemandirian juga harus senantiasa dibangun, jangan hanya berorientasi untuk menjadi PNS. Tanpa kemandirian, akan membuat galau dalam menghadapi dunia nyata dan tantangan global.

Direktur PNB, Muhamad Milchan mengatakan, kompetensi lulusan yang dihasilkan PNB sangat beragam. Kompetensi lulusan saat ini dicerminkan oleh banyaknya program studi yang ada di PNB saat ini, dimana sekarang bertambah menjadi 9 program studi.

Untuk diketahui, sambung Milchan lagi, hingga wisuda ke-11 September ini, tercatat alumni PNB berjumlah 1.706 orang yang tersebar di dalam dan luar provinsi Riau, bahkan ada yang di luar negeri dengan berbagai macam profesi..(jfk)