BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengatakan, pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk mencetak generasi muda yang tangguh dan berkarakter. Sebagai pendidikan non formal, Gerakan Pramuka melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga dan pendidikan formal di sekolah.

''Setiap kepala sekolah dan guru harus dapat menjadikan lingkungan sekolah sebagai salah satu faktor pendorong percepatan perkembangan dan keberhasilan pendidikan kepramukaan di daerah ini. Apalagi pada kurikulum 2013 pendidikan kepramukaan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah,'' ujar Bupati usai membuka secara resmi Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi kepala sekolah (Kepsek) se-Kecamatan Bengkalis, Selasa (19/8/20014).

Pembukaan KMD yang dilaksanakan bersamaan dengan upacara puncak peringatan Hari Pramuka ke-53 tingkat Kabupaten Bengkalis di Lapangan Tugu Bengkalis itu ditandai dengan penyerahan Tunggul Latihan oleh Herliyan kepada Ketua Pelaksana KMD, H Irwan N.

Bupati mengajak seluruh lembaga pendidikan dan keluarga di daerah ini untuk bahu membahu membangkitkan pendidikan kepramukaan dalam rangka membentuk karakter generasi muda ke depan.

Diingatkan Bupati, berbagai persoalan kaum muda yang terjadi saat ini, umum terjadi di antara rumah dan sekolah, sehingga  Gerakan Pramuka mempunyai peranan penting dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di kalangan kaum muda tersebut.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan kepramukaan. Diantaranya memupuk rasa kemanusiaan, nilai-nilai kejuangan, wawasan kebangsaan, rasa solidaritas, mengasah keterampilan dan hal-hal positif lainnya yang menjadi bekal bagi anggota pramuka untuk masa depannya.

''Kerjasama sinergis antara lembaga pendidikan formal, non formal dan pendidikan informal dalam keluarga untuk keberhasilan pendidikan kepramukaan di daerah ini sangat penting dan menjadi suatu keharusan," pesan Bupati.

Irwan menjelaskan KMD yang akan diikuti 45 peserta yang pelaksanaannya dikoordinir Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis itu dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kepramukaan para Kepsek yang ada di Kwartir Ranting Bengkalis (Kecamatan Bengkalis).

Setelah mengikuti KMD, seluruh Kepsek tersebut bukan saja diharapkan dapat menerapkan pendidikan kepramukaan secara efektif dan efsien dalam membina Pramuka kepada peserta didik sesuai dengan golongannya di sekolah mereka masing-masing.

''Tetapi juga mampu membina dan mengembangankan mental, fisik, intelektual, emosial dan sosial peserta didik sesuai dengan golongannya (seperti siaga, penggalang atau penegak, red), sehingga mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya,'' jelas Irwan.

Di samping itu, sambung Irwan, melalui KMD ini seluruh Kepsek itu nantinya juga diharapkan mampu menerapkan kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan serta Kode Kehormatan Pramuka. Mampu mengelola program kegiatan peserta didik sesuai dengan golongannya di lembaga pendidikan yang mereka pimpin.

Meskipun diikuti para Kepsek, materi pembelajaran pada KMD kali ini sama dengan KMD-KMD yang sebelumnya dilaksanakan Kwarcab Bengkalis. ''Begitu juga penilaian untuk menentukan kelulusan. Karena itu nantinya bisa saja diantara mereka nantinya ada yang dinyatakan tidak lulus,'' tutup Irwan.(jfk)