SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kabupaten Kepulauan Meranti mempunyai target untuk menjadi yang terbaik pada MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Desember 2014 mendatang. Segala sesuatu persiapan pun telah dilakukan sejak lama.


"Kita menargetkan menjadi yang terbaik di MTQ tingkat provinsi mendatang. Kita sudah melakukan pembinaan sejak dua tahun belakangan," kata Ketua LPTQ Kepulauan Meranti, Drs Ishak Izrai, ketika berbincang-bincang dengan GoRiau di Selatpanjang, Kamis (27/11/2014) pagi.
Untuk hasil maksimal, tambah Ishak, mereka telah melakukan pembinaan berlapis. Yang mana mereka melakukan pembinaan dari tingkat desa oleh LPTQ Desa, dan diseleksi terus di setiap LPTQ hingga ke LPTQ tingkat Kabupaten.
"Kami terus menjaring anak-anak yang berprestasi. Selain itu kita juga dibantu oleh pelatih qari internasional, Adli Azhari Nasution. Kita optimis untuk menjadi yang terbaik," tambah Ishak lagi.
Target menjadi yang terbaik itu mempunyai dasar, dimana ujar Ishak lagi, sebelumnya mereka mendapatkan juara 6 di MTQ Provinsi ke 31 di Bengkalis. Kemudian naik menjadi juara 5 di MTQ Provinsi ke 32 di Rokan Hulu.
Persiapan lain yang dilakukan LPTQ Kabupaten Meranti adalah memberikan pelatihan kepada dewan hakim di setiap kecamatan. Pelatihan itu sebagai upaya untuk membina dan memberi pengetahuan perhakiman bagi calon-calon hakim tingkat desa.
"Kita minta LPTQ Kecamatan se Meranti memprogramkan itu (pelatihan dewan hakim, red). Sehingga mutu MTQ tingkat desa maupun kecamatan semakin baik," ujar Ishak lagi.(zal)