SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kabupaten Kepulauan Meranti dianggap sudah semakin baik. Hal itu terlihat baik dari kualitas maupun kuantitas.


Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kepulauan Meranti, Ishak Izrai, kepada GoRiau.com, Sabtu (13/9/2014). Kata Ishak, perkembangan pelaksanaan MTQ dari tahun ke tahun terus meningkat, baik secara kuantitas maupun kwalitas terus mengalami peningkatan.
Ia juga mengatakan bahwa setiap kali semua kecamatan se Meranti melaksanakan MTQ, jumlah peserta selalu ramai, sangat semarak dan meriah.
"Ini tidak terlepas pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai al quran," kata Ishak.
Di samping itu, kata Ishak pula, tahun ini pemda akan memberi kesempatan dewan hakim yang telah dilatih untuk memberikan penilaian di setiap kecamatan tempat mereka berdomisili.
"Ini keberhasilan kami membina dewan hakim, selama ini setiap kali kecamatan menggelar MTQ, selalu minta dewan juri dari kabupaten, sekarang alhamdulillah mereka sudah bisa memberikan penilaian di kecamatan mereka berdomisili. Mereka betul-betul dapat memberikan nilai secara objektif," ungkap Ishak pula.
Sementara untuk target kedepan, kata Ketua LPTQ Meranti itu lagi, nantinya di Pulau Padang akan difokuskan pada khattil Al Quran atau kaligrafi, Pulau Rangsang, Tebing Tinggi, dan Rangsang barat difokuskan pada tilawah dan hafis quran, serta cabang-cabang lainnya.(zal)