DURI, GORIAU.COM - Kualitas udara di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, saat ini berada di level 500 Psi. Hal itu diketahui oleh Pemerintah Kecamatan Mandau berdasarkan informasi dari PGPA PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI). Dimana bendera di Komplek Perumahan PT CPI Duri berwarna merah yang tandanya sangat berbahaya dan tidak dianjurkan keluar rumah.

"Kita bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Kesehatan, terus memantau perkembangan kualitas udara di Mandau. Hari ini sekolah pun sudah diliburkan, karena udara tak sehat untuk dihirup diluar," kata Camat Mandau, H Hasan Basri kepada GoRiau.com, Kamis (3/9/2015).

Sementara itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis sudah mengeluarkan surat edaran dimana kegiatan belajar mengajar dihentikan sementara hingga kondisi asap di level tak berbahaya, dijelaskan Sekertaris Disdik, Supardi belum lama ini.

Dari pantauan GoRiau.com sekitar pukul 09.00 WIB, terpantau pelajar di Kecamatan Mandau yang hilir mudik di jalan-jalan protokol. Padahal Disdik Kabupaten Bengkalis sudah mengeluarkan surat edaran agar sekolah diliburkan. Hal ini mungkin saja pihak orang tua tidak mengetahui kalau sekolah diliburkan.

"Saya tidak tahu kalau sekolah libur. Karena anak saya tetap sekolah," ungkap Khadijah salah satu orang tua, dimana anaknya sekolah disalah satu sekolah negeri ternama di Mandau.

Pelajar yang menggunakan seragam sekolah, mengendarai sepeda motor, dan berkeliling bersama teman-temannya. Mereka terkesan senang dengan tidak adanya aktivitas belajar dan bisa bermain sepuasnya dengan teman-teman sekolahnya.

"Katanya libur. Tapi kami tetap aja ke sekolah, takutnya nanti orang belajar. Karena tak dikasih tahu liburnya sampai kapan. Dari pada nanti dibilang bolos, mendingan datang dulu kesekolah. Kalaupun tidak belajar nanti disuruh pulang, ya kami pulang. Sekalian bisa juga main sama kawan-kawan. Nongkrong dulu di cafe," kata Sabrina.(ric)