DURI, GORIAU.COM - Kekurangan murid di SMPN 8 Mandau sebenarnya tidak menjadi masalah berarti dalam proses belajar. Terjadinya masalah jika kelebihan murid yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Bengkalis, sebanyak 400 murid dan 10 rombongan belajar (rombel). Kurangnya murid di SMPN 8 Mandau akan berpengaruh pada sertifikasi guru yang ada.

"Kurangnya murid akan berpengaruh pada jam pelajaran. Tentunya akan berpengaruh pada sertifikasi guru," jelas Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Bengkalis Supardi saat dikonfirmasi GoRiau.com, Senin (6/7/2015) sore.

Meskipun demikian Disdik mempunyai solusi dengan berkurangnya jam mengajar guru di SMPN 8 Mandau, kata Supardi. Jika guru disekolah itu kekurangan jam mengajar, guru tersebut akan dipindahkan ke sekolah lainnya atau mendapatkan jam tambahan mengajar disekolah lain.

"Sebelumnya Disdik sudah mengantisipasi dan menganalisa jika ada sekolah yang kekurangan murid. Karena sebelum surat edaran jumlah kuota dan rombel, disdik sudah menganalisa total murid SD yang lulus. Sehingga sekolah negeri dan swasta pun akan tercukupi jumlah muridnya," ujar Supardi mengakhiri pembicaraan.(ric)