SELATPANJANG, GORIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, kaget mendengar kabar bahwa gaji guru honor di Kepulauan Meranti belum dibayarkan. Ia mengatakan seharusnya gaji guru honor sudah dibayarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).


Demikian disampaikan Irwan, ketika ditemui di Afifa Jalan Banglas, Selatpanjang, Rabu (23/4/2014).
"Masa iya. Itu adalah hak mereka (guru honor). Makanya harus dibayar segera. Seharusnya gaji mereka sudah harus dibayarkan. Kalau sudah sampai empat bulan belum gajian sudah kelewatan," kata Irwan.
Kemudian, Irwan juga meminta Disdik segera menyelesaikan permasalahan gaji guru honor yang sudah 4 bulan belum dibayarkan itu. Katanya pula, kalau Disdik tidak mampu menyelesaikan permasalahan itu, silahkan 'minggir' atau mengundurkan diri saja.
"Kalau tak sanggup, ya kita silahkan minggir saja. Nanti kita carikan yang benar-benar mampu untuk mengatasi persoalan terhadap guru honor itu," sebut Irwan.
Sebelumnya, Sekretaris Disdikbud Kepulauan Meranti, Rismawardi, mengaku pembayaran belum bisa dilakukan. Menurutnya pula, masih banyak administrasi yang harus dilengkapi untuk melakukan pencairan dana untuk gaji honorer itu.
Di samping itu, selain masalah administrasi, di Disdikbud Kepulauan Meranti juga ada pergantian bendahara. Bendahara yang lama mengundurkan diri, dan kemudian digantikan dengan yang baru. Namun, kata Rismawardi, sampai saat ini SK untuk bendahara yang baru itu belum keluar, padahal sudah diajukan.
"Kalau sudah lengkap administrasinya pasti akan dibayar, dan pembayaran itu tidak akan lama," kata Rismawardi.(zal)