BENGKALIS, GORIAU.COM - Sebagian guru SD di Kabupaten Bengkalis mengeluhkan lambatnya pencairan tunjangan profesi guru (sertifikasi) tahun 2014. Sementara sebagian yang lain sudah ada yang cair.

Menurut Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, H. Zulpadhli, terlambatnya pencairan tunjangan profesi sebagian guru SD lantaran lambatnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengeluarkan Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP). Dari total 2.000 lebih guru SD yang bersertifikasi di Kabupaten Bengkalis, hingga Mei lalu baru 1.000-an lebih yang SKTP-nya keluar. Sedangkan sisanya baru menyusul setelah itu.

''Untuk guru SD yang SKTP-nya sudah keluar, maka tunjangan profesinya sudah kita bayarkan,'' ujar Zupadhli, baru-baru ini.

Menurut Zulpadhli, adanya keterlambatan SKTP bagi guru SD dinilai wajar karena sistem pemberkasannya secara online melalui Dapodik. Sementara jumlahnya sangat banyak sekali bila dibandingkan dengan guru SLTA. Akibatnya, SKTP tidak keluar secara serentak melainkan secara bertahap.

 ''Insyaallah akan kita selesaikan pembayaran tunjangan profesi ini karena ini merupakan hak guru,'' ujarnya.(jfk)