PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Meski kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kabupaten Pelalawan sejak tahun lalu, namun baru 18 sekolah saja yang menjadi piloting dalam penerapan kurikulum 2013 tersebut.

"Saat ini baru ada 18 sekolah saja yang telah menerapkan kurikulum 2013, yakni 9 SD, 5 SMP, 3 SMA dan 1 SMK,"sebut Kadisdik Pelalawan, MD Rizal, Rabu (23/4/2014).

Dikatakan MD Rizal, sesuai dengan target pemerintah, untuk menerapkan kurikulum tersebut di seluruh jenjang pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan menargetkan pada tahun 2015, semua sekolah sudah menggunakan kurikulum baru.

"Jumlah sekolah yang sudah menerapkan kurikulum baru ini jumlahnya masih sedikit, dibanding keseluruhan sekolah yang ada di daerah ini,"katanya.

Dijelaskanya, sekolah yang menerapkan kurikulum baru tersebut merupakan bagian dari tahapan uji coba penerapan kurikulum baru di Pelalawan.

"Dengan harapan secara bertahap semua sekolah di Pelalawan bisa melaksanakan kurikulum tersebut,"jelasnya.

Dikatakan Salbiah, bahwa kurikulum 2013 ini memiliki banyak kelebihan dibanding kurikulum-kurikulum sebelumnya. Menurutnya pendidikan tidak sekedar dilakukan dengan teori saja, tapi juga memperbanyak praktek dilapangan.

"Pada kurikulum baru 2013 ini, siswa aktif dengan membuat kelompok belajar serta praktek lapangan,"ujarnya.

Salbiah menambahkan, terkait pelaksanaan kurikulum 2013, pihaknya akan menggelar pelatihan, mengingat sangat pentinnya kurikulum 2013 untuk diterapkan disemua jenjang sekolah.

Ditambahkanya lagi, target Disdik Pelalawan dalam kurun waktu satu tahun kedepan, atau pada tahun 2015 mendatang semua sekolah sudah menggunakan kurikulum baru 2013 di seluruh jenjang sekolah yang ada.(rkn)