PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Semangat belajar tidak harus muncul dari gedung yang mewah dan ber-AC. Tapi harus lahir dari kemauan yang besar untuk menuntut ilmu. Paling tidak begitulah yang mungkin dibuktikan muri-murid SD Negeri 015 Desa Marga Mulya, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Meski bangunan sekolah mereka kondisinya sangat memprihatinkan, namun ratusan anak-anak ini tetap datang ke sekolah dengan semangat. Bahkan di saat para guru memberi pelajaran, mereka tidak terusik untuk meninggalkan bangku sekolah. Mereka tetap dengan tenang menyimak pelajaran yang diberikan guru-guru mereka.

Kondisi ini terlihat saat dikunjungi GoRiau.com, Kamis (27/11/2014). Kondisi bangunan yang rusak memang terlalu banyak, di bagian luar gedung terlihat atas dan plafon yang sudah rusak. Bahkan uniknya, di ruang belajar, tepat diatas siswa belajar, plafon pun menganga.

Namun suasana dan semangat belajar siswa tak pernah pudar. Sebagai anak-anak yang umumnya dari keluarga kurang mampu, mereka menyadari sepenuhnya bahwa menuntut ilmu merupakan bagian dari pengorbanan untuk merubah hidup mereka.

''Kondisinya memang begini. Yang penting para guru tetap semangat memberikan pelajaran. Yang susah tu kalau guru pun tak mau mengajar,'' ujar Kepala SD Negeri 015 Desa Marga Mulya, Rohmat, Kamis (27/11/2014).

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27112014/rambah2jpg-1664.jpgKondisi bangunan yang rusak tidak menyurutkan niat warga Marga Mulya untuk menyekolahkan anaknya di sini.Rohmat menceritakan tentang proses belajar mengajar yang telah dilakukan para guru termasuk kurikulum yang dijalankan. ''Bagi kami bagaimana anak-anak tetap semangat dan para guru juga dengan senang hati mengajar,'' jelasnya.

Kendala satu-satunya dalam proses belajar mengajar, tambahnya, adalah saat datangnya angin dan hujan. Karena saat hujan dan angin, proses belajar mengajar bisa terhenti karena air akan masuk ke ruangan dan membanjiri lokal.

Sementara itu, pantauan lapangan, suasana belajar mengajar tetap berjalan bahkan anak-anak tetap bersemangat belajar dan bersenda gurau dengan teman-temannya. (ram)