BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menyerahkan Beasiswa Prestasi Bumi Laksamana Jaya Group 2012 di Lantai II Kantor Bupati, Kamis (6/12/2012) sore. Sebanyak 30 siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis, menerima beasiswa mulai dari tinggat SD, SMP dan SMA.

Bupati dalam pengarahannya atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT Bumi Laksamana Jaya (BLJ) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan bantuan beasiswa. 

“Pembangunan di bidang pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah semata, namun juga merupakan tanggung jawab pihak swasta dan masyarakat. Hari ini, komitmen itu sudah ditunjukkan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bumi Laksamana Jaya. Kita patut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BLJ, di tengah kesibukan untuk bangkit dari keterpurukan tetap peduli terhadap anak-anak kita yang berprestasi. Terlebih program CSR PT Bumi Laksamana Jaya ini langsung menyentuh anak-anak dari golongan keluarga tidak mampu secara ekonomi, mulai dari SD, SLTP dan SLTA dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis,” puji Bupati

Yang lebih membanggakan lagi, papar Bupati,tahun 2011 BLJ menghasilkan keuntungan Rp691 juta sehingga pada tahun ini menyisihkan keuntungannya dalam program CSR. Sementara untuk tahun ini BLJ diprediksi akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp6 miliar. “Mari kita doakan, mudah-mudahan jika untungnya semakin banyak, tentu beasiswa yang akan mereka berikan tahun depan semakin banyak pula,” ajak Bupati.

Beasiswa Prestasi BLJ Group 2012 merupakan hasil seleksi melalui berkas yang masuk dan keputusan rapat dewan juri. Program CSR Beasiswa Prestasi BLJ Group total nilainya Rp78,6 juta yang khusus diberikan bagi siswa-siswi berprestasi se-Kabupaten Bengkalis dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Lamaran yang masuk cukup banyak, mencapai 569 berkas. Terdiri dari SLTA 172 siswa, SLTP 268 dan tingkat SD 129 . Dari jumlah tersebut, masing-masing diambil 10 orang untuk tingkat SLTA, 10 orang tingkat SLTP dan 10 orang tingkat SD. 

Para siswa yang dinyatakan lolos seleksi untuk tingkat SD mendapatkan uang tunai Rp 2 juta per orang, anak SLTP uang tunai Rp 2,5 juta per orang dan SLTA uang tunai Rp 3 juta per orang. Selain itu mereka juga mendapatkan bantuan tas, buku, pena, pensil, perlengkapan sekolah lainnya. 

Penyerahan beasiswa dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, H Herman Sani, Direktur PT BLJ Yusrizal Andayani dan siswa penerima beasiswa. Adapun penerima beasiswa antara lain berasal dari SMAN 2 Siak Kecil asal Dusun Sena, Desa Sungai Linau, SMKN 1 Pinggir asal Desa Balai Raja. Ada dari SMAN 1 Mandau asal Kelurahan Talang Mandi, SMPN 3 Rupat Utara Desa Kadur, SDN 22 Terkul, Kecamatan Rupat, SDN 46 Gajah Sakti Kecamatan Mandau, SDN 06 Balai Raja Pinggir dan kecamatan lainnya. (jfk)