PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Warung Perancis Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pelalawan menggelar lomba mewarnai serta menggambar dengan tema Perancis. Dalam lomba itu, sedikitnya 150 orang anak dari TK dan SD yang ada di Kabupaten Pelalawan antusias mengikuti lomba.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama AKNP, Yumisri, S.Sos, Minggu (21/12/2014). Dikatakannya, kegiatan itu merupakan salah satu bentuk untuk menggali potensi dan daya kreatifitas para siswa TK dan SD.

"Kemarin, Warung Perancis AKN Pelalawan sukses menggelar lomba mewarnai dan menggambar dengan bertemakan Perancis," ungkapnya.

Dijelaskan Yumisri, bahwa pemilihan tema ini selain untuk memperkenalkan Warung Prancis AKN Pelalawan pada masyarakat Kabupaten Pelalawan, juga memperkenalkan bahasa Prancis sejak usia dini pada putra/i di daerah ini.

Setidaknya, kata Yumisri, para siswa yang mengikuti lomba ini bisa memiliki mimpi ke depannya untuk melanjutkan studi ke negara Perancis.

"Kita ingin mereka memiliki mimpi yang tinggi ke depannya, bisa melanjutkan studi ke negara Perancis. Karena itu, dalam penilaian lomba juga hal-hal atau lambang yang ada di Perancis seperti Menara Eiffel menjadi bahan pertimbangan yang utama," katanya sera menyampaikan ucapan terimakasih kepada Institut Francis Indonesia (IFI) Jakarta yang telah mendukung kegiatan ini.

Dalam perlombaan yang digelar di aula AKN Pelalawan itu, sambungnya, untuk tingkat TK, pemenang pertama yakni Azizah Amalia Salsabila dari TK Taruna Andalan, pemenang kedua yakni Gracell Aurelita. S dari TK Taruna Andalan Pangkalan Kerinci, pemenang ketiga yakni Fatur Rahma dari TK AT Taqwa Pangkalan Kerinci, pemenang Harapan 1 yakni Aisya Ramadhani dari TK Tunas Bangsa Pangkalan Kerinci, pemenang Harapan 2 yakni Yusuf Dwi Pambudi dari TK TK Pertiwi Kecamatan Kerumutan dan pemenang Harapan 3 yakni Olivia Aura Zahrany dari TK Dharma Bakti Kecamatan Kerumutan.

"Sementara untuk pemenang lomba menggambar tingkat SD, juara pertama diraih oleh Azzah Afifah Rais dari SD 007 Pangkalan Kerinci, kedua diraih oleh Jihan Azra Riskiami dari SD Taruna Andalan Pangkalan Kerinci, pemenang 3 yakni Ainun dari SD Evergreen Pangkalan Kerinci, pemenang harapan 1 yakni Vivien Orline dari SD Evergreen, harapan 2 yakni Dessy Natalia Fransisca dari SD Evergreen dan harapan 3 yakni Eva Olivia dari SD Evergreen," bebernya seraya mengatakan bahwa para pemenang mendapatkan Trophy dari Warung Prancis AKNP, Uang Pembinaan, Souvenir cantik dari IFI jakarta dan Sertifikat.

Ke depannya, imbuh Yumisri, pihaknya akan kembali menggelar event-event kegiatan untuk terus mensosialisasikan Warung Perancis yang ada di AKN Pelalawan.(***)