SIAK SRI INDRAPURA.COM - Jika tak ada aral melintang, akhir pekan ini, Badan Akreditasi Nasional (BAN) akan melakukan akreditasi pada Akademi Kebidanan (Akbid) Salma. Demikian disampaikan oleh Direktur Akbid Salma, Siska Indrayani SST, Selasa (14/5/2013) di ruang kerjanya.

Disampaikannya, usulan untuk mendapatkan akreditasi sudah diterima secara administrasi oleh BAN pada tanggal 5 Mei 2012, Berdasarkan berkas usulan akreditasi (Borang) tersebut, pihak BAN akan mengirimkan dua orang asesor untuk melakukan acesment terhadap aktualisasi dan realisasi terhadap isian Borang yang disampaikan pihak Akbid Salma pada BAN.

''Insya Allah asesor akan datang tanggal 17 Mei dan akreditasi dilakukan selama dua hari yakni pada, Sabtu, 18 sampai dengan 19 Mei,'' kata Siska.

Kedua orang asesor yang turun melakukan assestmen yakni Sri Hidayat, S. Sit dari Stikes Yogya dan Runjati, M.Mid dari Poltekes Kemenkes Semarang. Kedua orang asesor ini akan turun langsung ke lapangan guna mengecek langsung kesesuaian data yang dilaporkan pada borang dengan realita sesungguhnya

Lanjut Siska, terdapat tiga macam Borang, yakni Borang 3A, 3B dan Borang Evaluasi diri, semuanya lolos secara administrasi dan layak dan dilakukan peninjauan. Dengan dinyatakan lolos administrasi dari BAN, menunjukkan Akbid Sama sudah memenuhi standar pada keriteria yang telah ditetapkan pada Akademi Kebidanan.

"Kami menargetkan, minimal mendapatkan akreditasi B. Hal ini tentunya sejalan dengan usaha dan fasilitas yang ada," terang Siska

Sementara, Pembina Yayasan Wan Jufri, S.Sos didampingi Ketua Yayasan Imran SE mengatakan, bahwa dirinya mendukung penuh segala usaha yang dilakukan oleh Akbid Salma. Harapannya Akbid Salma mendapat akreditasi yang terbaik, sehingga meningkatkan kepercayaan diri dalam menyelenggarakan pendidikan dan dapat mensupport peningkatan kualitas. ''Dengan akreditasi yang baik, tentunya alumni kami akan lebih diakui masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat itu ada,'' andasnya. (sks)