BENGKALIS, GORIAU.COM - PT Bumi Laksamana Jaya mengumumkan 30 penerima Beasiswa Prestasi BLJ Group 2012, Rabu (24/10/2012). Nama-nama tersebut merupakan hasil seleksi melalui berkas yang masuk dan keputusan rapat dewan juri. Program CSR Beasiswa Prestasi BLJ Group total nilainya Rp78,6 juta yang khusus diberikan bagi siswa-siswi berprestasi se-Kabupaten Bengkalis dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Dewan juri terdiri dari 3 orang. Untuk menjaga independensi dalam seleksi dan penilaian, BLJ mengambil dua orang dari unsur luar perusahaan. Mereka adalah Drs Abdul Manan (pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis) dan Usman Malik, SPi (wartawan Haluan Riau di Bengkalis), sementara dari BLJ Haspian, SE.

Dewan juri harus bekerja keras karena lamaran yang masuk cukup banyak, mencapai 569 berkas. Terdiri dari SLTA 172 siswa, SLTP 268 dan tingkat SD 129. Sementara dewan juri harus memutuskan 30 orang penerima beasiswa, masing-masing 10 orang untuk tingkat SLTA, 10 orang tingkat SLTP dan 10 orang tingkat SD.

''Program beasiswa prestasi CSR PT BLJ ini peminatnya cukup banyak, membludak mencapai 569 orang. Kami harus bekerja keras untuk memutuskan untuk mengambil 30 orang, dimana masing-masing tingkat 10 orang. Mengingat peminat cukup banyak, mudah-mudah tahun depan kuotanya bisa ditambah,'' ujar salah seorang dewan juri, Drs Abdul Manan yang juga pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Rabu (24/10/2012).

Dewan Juri lainnya, Usman Malik, menambahkan beasiswa ini langkah awal PT BLJ mulai memperhatikan anak-anak daerah ini terutama dari golongan ekonomi kurang mampu. "Mudah-mudahan tahun depan Program CSR PT BLJ ini jumlahnya lebih banyak, agar bisa dirasakan oleh keluarga kurang mampu lainnya,'' terang Usman.

Sementara itu, Manager Humas & CSR PT BLJ Haspian Tehe, mengatakan, pengumumamannya dapat dilihat di Kantor PT BLJ atau di website www.bumilaksamanajaya.com. Nama-nama yang lulus akan dihubungi segera. Sedangkan waktu penyerahannya sekitar pertengahan November 2012 dan akan diberitahukan kemudian kepada yang lulus.

''Mereka yang lulus akan mendapatkan uang tunai, tas dan perlengkapan sekolah. Jika keuntungan perusahaan ini tahun depan lebih besar lagi, Insya Allah jumlahnya akan kita tambah, karena peminatnya dari keluarga kurang mampu cukup banyak,'' tutur Haspian. (jfk)