PEKANBARU, GORIAU.COM - Jembatan Siak I (Leighton) yang menjadi alternatif dua arah semakin macet dan mengkhawatirkan. Siak I dimaksimalkan sejak ditutupnya Jembatan Siak III yang mengalami perbaikan, awal tahun 2014 lalu.

Selain macet, jalan bergelombang juga menjadi kekhawatiran masyarakat. Karena beberapa mengalami perbaikan pengaspalan, namun kondisinya tetap seperti itu saja.

Menurut jadwal, Jembatan Siak III akan menjalani uji bebas seberat 350 ton pada pekan ketiga bulan ini. Namun pihak Dinas Bina Marga Provinsi Riau belum mendapatkan jadwal pasti uji beban tersebut.

Sementara kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, dirinya juga belum mendapat laporan mengenai rencana tersebut. "Saya belum dapat laporan dan jadwal," ujarnya dengan singkat.

Masyarakat sangat mengeluhkan dan mengkhawatirkan dengan pemaksanaan Jembatan Siak I untuk jalur dua arah. Karena selain usia jembatan yang sudah tergolong tua, macet yang ditimbulkan hampir terjadi setiap harinya.

"Jembatan ini sudah tua, kadang menimbulkan bunyi. Banyak yang takut, tapi mau bagaimana lagi karena akses satu-satunya," ujar Ilham (37), salah satu warga Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau.

Berdasarkan jadwal tersebut, uji beban akan dilaksanakan lebih kurang satu pekan, atau hingga akhir Oktober 2014. Jika tidak ada kesalahan, maka Jembatan Siak III akan difungsikan pada awal November 2014.***