TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Indragiri Hilir (Inhil) yang 421 Hektarnya ditanami pohon kelapa menbuat Negeri Seribu Parit ini menjadi daerah pemilik perkebunan kelapa terbesar di dunia untuk ukuran Kabupaten, maka Bupati Inhil, HM Wardan berencana untuk mematenkan berbagai jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar kelapa sebagai milik Inhil.

Hal itu dikatakan Bupati ketika menghadiri acara lomba menu serba kelapa yang diikuti oleh Ibu-ibu dari kecamatan se-Inhil, Senin (16/9/2014).

''Saya pikir karena 62 persen dari luas Inhil ditumbuhi kelapa, tentunya ini harus dimanfaatkan. Bagaimana caranya membuat makanan khas Inhil berbahan dasar kelapa,'' kata Bupati.

Setiap kecamatan di Inhil, dikatakan mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini harus memiliki makanan khas sehingga nantinya dapat dipatenkan sebagai makanan khas Inhil.

''Kita harus patenkan dan membuat legalitasnya, jadi daerah manapun juga yang buat dan mengacu pada resep ini kita yang mempunyai hak patennya,'' sebut HM Wardan.

Untuk mempromosikan makanan berbahan dasar kelapa khas Inhil kepada dunia luar, dikatakan HM Wardan bisa dengan cara menyuguhkannya disetiap acara yang diselnggarakan dan dihadiri tamu-tamu dari daerah luar.

''Bisa juga diletakan di kediaman saya, karena sering datang tamu-tamu dari luar, itu dapat lebih cepat proses promosinya,'' tutup HM Wardan.(ayu)