PEKANBARU, GORIAU.COM - Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menegaskan bahwa program pemerintah dengan sistem otonomi daerah bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara menyeluruh serta pemerataan pembangunan dengan kearifan kebijakan lokal yang selalau serasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah lainya.

Demikian  disampaikan Walikota Pekanbaru membacakan pidato tertulis Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi  dalam upcara Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah ke-XVIII yang digelar Jumat  (25/4/2014) pagi di halaman Kantor Walikoa Pekanbaru.

Upcara yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Pemko Pekanbaru tersebut, juga dihadiri oleh para pejabat dari instansi vertikal dan Muspida Kota Pekanbaru.

"Sesuai dengan tema HUT Otonomi Daerah tahun ini, bahwa mensukseskan pemilu 2014 dalam upaya memperkuat tata kelola pemerintahan daerah, maka kita harus wujudkan tujuan dan semangat otonomi daerah ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat baik  pelayanan jaminan kesehatan BPJS maupun pelayanan publik lainnya,'' ujar Walikota.

Ditambahkan Walikota  bahwa dengan otonomi daeah, pemerintah pusat memberikan  kewenangan kepada daerah untuk mengurus pemerintahan serta mengembangkan kemamapuan dan potensi daerah sendiri.

"Dalam penyelenggaran pemerintahan, daerah harus menjalin kerjasama dan keserasian dengan pemerintah pusat serta pemerintah daerah lainnya, dengan menggunakan sistim pemerintahan yang transparan dan menganut azas kepentingan masyarakat luas dan menyeluruh,'' tutur Walikota.

Dijelaskan Walikota bahwa pemerintah pusat memberikan batasan dan etika yang jelas dalam penyelenggaraan pemerintahan otonomi  bahwa setiap keputusan yang diambil  harus berorientasi kepada kepentingan masyarakat dalam koridor dan aturan hukum yang diakui,'' tutur Walikota.(san)