PEKANBARU, GORIAU.COM - Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus ST MT menyerahkan 2 ribu paket Sembako untuk jamaah Masjid Al Falah Darul Muttaqin yang berada di Jalan Sumatera Kecamatan Pekanbaru Kota, Kamis (2/7/2015). Penyerahan paket bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sejalan dengan kegiatan Safari Zuhur Pemko Pekanbaru.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pekanbaru Kota H Basri Akmal menegaskan, penerima paket tersebut memang dipastikan warga yang tidak mampu, atau kaum duafa.

"Kami membagikan zakat mal sekaligus dengan acara kunjungan Walikota ke Masjid Al Falah. Di mana sebelumnya juga telah diberikan instruksi kepada masing-masing kelurahan untuk memberikan catatan nama warganya yang masuk dalam kategori duafa. Artinya yang menjadi penerima adalah mereka yang ekonominya sulit," ungkapnya.

Walikota Firdaus dalam sambutannya selain menjelaskan program Pemko Pekanbaru, juga mengajak masyarakat Pekanbaru untuk memanfaatkan bulan Ramadan dengan meningkatkan kegiatan keagamaan dan amal kebajikan. Menurut Wako, Ramadan mengajarkan masyarakat untuk selalu saling menjaga toleransi dan kedisiplinan.

"Oleh karena itu mari kita meramaikan masjid dengan mengisi kegiatan keagamaan, tadarus Alquran dan shalat berjamah," sampainya.

Walikota juga menjelaskan, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Amil Zakat telah melakukan sejumlah kegiatan bermanfaat. Ada lima program yang digulirkan diantarnya Pekanbaru pintar, Pekanbaru sehat, Pekanbaru makmur, Pekanbaru Taqwa dan Pekanbaru peduli.

Selain memberikan bingkisan paket sembako, Wako juga menyerahkan bantuan Alquran dan jam dinding. Walikota juga mengintruksikan kepada Dinas Cipta Karya untuk pembangunan pagar dan pos jaga serta tempat parkir dan taman masjid. Wako berharap dengan bantuan ini, masyarakat Pekanbaru mendukung cita-cita Pemko untuk menciptakan masyarakat Qurani dalam rangka mensukseskan Kota Metropolitan yang Madani. (rul)