JAKARTA, GORIAU.COM - Untuk pertama kalinya sejak dilantik, Gubernur Riau (Gubri) H Annas Maamun menemui Mendagri Gamawan Fauzi dan Dirjen Otda Kemendagri Djohermansyah Djohan. Gubri tiba di Gedung Kemendagri, Rabu (23/4/2014) sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung menuju ruangan Dirjen Otda Kemendagri Djohermasyah.

Beberapa saat menunggu, Gubri pun diterima Djohermansyah di ruang kerjanya lantai 8 Gedung Otda, Kemendagri. Gubri dan Djohermansyah nampak akrab dan saling bertanya kabar. Seperti diketahui, Djohermansyah yang akrab disapa Pak Djo itu adalah mantan Plt Gubri sebelum Annas resmi dilantik menjadi Gubri.

Gubri Annas baru keluar dari ruangan Pak Djo sekitar pukul 14.00 WIB dan langsung menuju ruangan Mendagri Gamawan Fauzi. Gubri Annas diterima Mendagri hingga sekitar pukul 16.00 WIB. Keluar dari ruangan Mendagri, rupanya beberapa wartawan sudah menunggu Gubri Annas. Gubri pun mempersilahkan para pekerja media untuk mewawancarai Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Jakarta Burhanuddin yang ikut mendampingi.

''Silahkan tanya ke Pak Kaban, ya,'' ucap Gubri seraya menunjuk Burhanuddin yang akrab disapa Pak Boy itu, untuk menceritakan hasil pertemuannya.

Kepada wartawan, Boy menjelaskan bahwa kedatangan Gubri ke Kemendagri intinya adalah untuk bersilaturrahmi. Sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah, Gubri tentu berkewajiban menjalin hubungan yang baik dengan Pemerintah Pusat. ''Beliau sebenarnya kan sudah lama ingin menghadap, bersilaturrahmi. Tapi karena kesibukan beliau di daerah, akhirnya baru terwujud sekarang," ucap Boy.

Boy mengungkapkan, baik saat bertemu dengan Pak Djo maupun Mendagri, Gubri memaparkan berbagai perkembangan yang terjadi di Riau, termasuk sejauhmana pelaksanaan APBD Provinsi Riau sejak dirinya menjabat sebagai orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning. "Pak Gubernur ingin agar segala sesuatunya itu ke depan lebih baik lagi. Program-program yang dilaksanakan harus benar-benar menyentuh masyarakat banyak. Harus dapat mengangkat dan memperbaiki nasib orang miskin. Itu yang jadi harapan beliau," sambung Boy.

Mendagri Gamawan yang ditanya wartawan usai pertemuan juga mengatakan hal serupa. "Ini pertemuan silaturrahmi biasa. Sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah, Pak Annas tentu harus menjalin hubungan yang harmonis," ujarnya singkat.

Selain didampingi Kepala Badan Penghubung, Gubri juga didampingi Prof Yusmar Yusuf dan beberapa tokoh penting lainnya.  Rencananya pada Kamis (24/4/2014), sebelum kembali ke Riau, Gubri Annas juga akan meresmikan Museum Tionghoa Riau di Anjungan Taman Budaya Tionghoa Indonesia (TBTI), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Gubri sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir dan meresmikan museum tersebut.Peresmian diperkirakan pada pukul 10.00 WIB. Gedung museum ini merupakan hasil swadaya warga Tionghoa se-Provinsi Riau. (rls)