PEKANBARU, GORIAU.COM - Sesuai dengan jadwal, Jembatan Siak III Pekanbaru akhirnya dilakukan uji beban, Sabtu (20/12/2014). Uji beban ditandai dengan diparkirkannya 15 truk yang bertotal 300 ton di atas jembatan tersebut.

Uji beban yang dimulai sejak tadi pagi hingga saat ini masih berlangsung. Baik pihak Pusat Penelitian Jembatan (Pusjatan), Kementerian PU, Dinas Bina Marga Riau dan Tim Ahli sudah berada di sana.

Masyarakat juga bebas menyaksikan uji beban tersebut. "Masih berlangsung, belum tahu sampai jam berapa," kata Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Riau, Syafril Buchari kepada GoRiau.com, Sabtu (20/12/2014).

Saat ditanyakan apakah uji beban tersebut akan selesai satu hari atau dilanjutkan besoknya, Syafril mengaku belum bisa memastikan. "Intinya uji beban masih berlangsung, apakah selesai hari ini atau dilanjutkan besok, kita lihat keputusan nanti," tandasnya.

Uji beban Jembatan Siak III sudah berulang kali mengalami penundaan. Banyak hal yang menjadi kendala, diantaranya Standar Operasional Prosedur (SOP) Jembatan Siak III yang belum lengkap hingga kesiapan tim ahli untuk datang ke Riau.

Dikatakan Syafril, jika uji beban berjalan lancar, maka tidak butuh waktu lama untuk membuka Jembatan Siak III itu kembali. "Dalam beberapa hari saya rasa sudah bisa dibuka," tukasnya.

Sejak ditutup, akses Jembatan Siak III dialihkan Jembatan Siak I (Leighton). Sejak itu, salah satu jembatan tua di Pekanbaru tersebut harus menampung beban kemacetan setiap harinya.

Sehingga juga dikeluhkan oleh masyarakat. "Saya tadi juga menyaksikan, karena kemarin (Jumat, red) ada berita bahwa boleh dilihat secara terbuka, mudah-mudahan cepat dibuka, karena Leighton selalu macet setiap harinya," ujar Nurmaini, warga Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau.***