TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terus berupaya untuk melakukan program-proram strategis bagi pembangunan pendidikan, khususnya pembangunan pendidikanpada Sub Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Program-program strategis tersebut dituangkan dalam berbagai kegiatan guna menunjang dan mendukung pelaksanaan PAUD dalam upaya melakukan perluasan aksesibility PAUD guna melakukan pemerataan pelayanan bagi anak-anak usia 0 sampai 6 tahun di seluruh pelosok Desa dan Dusun di Kabupaten Inhil.

Seperti dikatakan Bupati Inhil, HM Wardan saat membuka sosialisasi 1 desa 1 PAUD, di samping melakukan perluasan akses, Pemkab Inhil secara bersamaan juga terus berupaya melakukan peningkatan kualitas kelembagaan dan pelayanan PAUD, baik dalam bentuk memenuhi kebutuhan gedung bangunan yang sekurang-kurangnya 1 PAUD Holistik Integratif disetiap Kecamatan sebagai PAUD model.

Dikatakan HM Wardan, kegiatan peningkatan mutu kelembagaan dan pelayanan PAUD, juga dilaksanakan dalam bentuk memberikan bantuan pendidikan ke jenjang S1 PAUD bagi para pendidik PAUD dengan sistem sharing anggaran antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemkab Inhil.

''Insya Allah pada saat ini para pendidik PAUD yang mengikuti program peningkatan kualifikasi ke jenjang S1 PAUD sudah mencapai 80 orang dan sudah memasuki semester 5 dan semester 3,'' ujar Bupati.

Kegiatan peningkatan mutu lainnya, dikatakan Bupati berupa pelatihan dasar bagi pendidik PAUD, Ujian Kompetensi, Pendidikan dan Pelatihan Pendidik PAUD.

''Dengan program-program tersebut saat ini kita sudah dapat menuntaskan 1 Desa 1 PAUD dan ini berdampak kepada Peningkatan APK PAUD, dari 68,12 persen menjadi 83,47 persen,''tutup HM Wardan. (ayu)