PEKANBARU, GORIAU.COM - Kota Istanbul menjadi inspirasi Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun untuk memberi kubah Kantor Gubernur Riau. Dimana salah satu kota terbesar di Turki tersebut memiliki ciri khas dengan gaya kubah hampir pada setiap bangunan penting.

Berangkat dari situlah, Gubri ingin segera merealisasikan rencana tersebut untuk melaksanakannya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Riau tahun 2014.

"Cobalah tengok (lihat, red) bangunan-bangunan penting di Istanbul, Turki, hampir semuanya menggunakan kubah," kata Gubri beberapa waktu lalu.

Desain kubah sendiri juga telah disiapkan. Ada dua versi yang sudah dirancang dan telah diperlihatkan ke Gubri. Pertama, pembangunan kubah tanpa atap yang berdiri di atas kantor.

Dimana kantor yang saat ini memiliki atap dengan ciri khas melayu akan dihilangkan untuk kemudian dibuat datar dengan hanya kubah di atasnya.

Kemudian penambahan kubah tanpa menganggu atap yang sudah ada tersebut. "Ini akan kita laksanakan pada APBD Perubahan, mengenai anggaran tengah disusun," ujar Gubri.

Terinspirasi dari bangunan di Istanbul, bukan berarti Gubri pernah ke sana. Ketika membaca buku di ruang tunggu Bandara Soekarno-Hatta, semasa dirinya menjadi Bupati Rohil, terdapat beberapa ekspos bangunan-bangunan cantik dari Istanbul, semuanya hampir dihiasi dengan kubah.

Sejak itulah dirinya selalu terinspirasi menjadikan beberapa bangunan yang akan mengalami renovasi ditambahkan dengan kubah. "Ini juga sudah banyak saya lakukan di Rohil," kata Gubri.***