PEKANBARU, GORIAU.COM - Kota Pekanbaru akan menjadi magnet bagi pengembangan ekonomi daerah Siak, Pelalawan dan Kampar setelah Pemko Pekanbaru ikut menandatangani kerjasama Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan) yang dilaksanakan di Gubernur Riau, Rabu (17/12/2014).

Kerjasama pengembangan Pekansikawan ini mirip dengan kerjasama antara Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Kabodetabek) dimana Jakarta menjadi motor bagi pembangunan daerah hinterland yang ada di sekitarnya.

Sementara itu untuk Pekansikawan, Pekanbaru dengan ditopang daerah hinterland Siak, Kampar dan Pelalawan akan membangun wilayah mereka secara bersama-sama terutama dalam pengembangan ekonomi dan transportasi antara daerah.

Kerjasama ditandatangani oeh masing-masing kepala daerah, sementara dari Pekanbaru dilakuka langsung oleh Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi. Kerjasama dilakukan dihadapan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rahman MBA, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau Suparman,S.Sos dan anggota DPRD lainnya, Forkompinda Riau, pejabat pemerintahan Provinsi Riau, walikota dan bupati se-provinsi Riau dan wakil walikota dan wakil bupati se-Provinsi Riau.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rahman MBA mengharapkan seluruh daerah untuk menjaga ketahanan pangan, infrastruktur dan maritim. ''Untuk itu setiap kabupaten/kota di Provinsi Riau harus saling bekerjasama agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di Provinsi Riau ini,'' tutupnya. (rls)