BENGKALIS, GORIAU.COM - Setelah penampilan marching band Andam Dewi yang membawakan lagu mars MTQ, kafilah yang pertama tampil pada Pawai Taaruf MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis yang dipusatkan di depan Wisma Daerah Sri Mahkota adalah juara umum MTQ ke-39, yaitu Kafilah Kecamatan Bantan.

Dipimpin langsung Camat Bantan Dwi Yatmoko, kafilah Bantan tampil dengan kekuatan sekitar 2.800 peserta. Pawai yang dimulai dari depan Wisma Daerah Sri Mahkota, Sabtu (30/5/2015) sore, Kecamatan Bantan melibatkan aparat kecamatan, seluruh kepala desa dan unsur pemerintah kecamatan.

"Tekad kami sudah bulat, meraih juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut (hattrick)," ujar Camat Bantan ditemui di sela-sela Pawai Taaruf.

Seperti diketahui, Bantan telah dua kali keluar sebagai juara MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis, yakni tahun 2013 dan tahun 2014.

Setelah Bantan, tampil diurutan kedua Kafilah Bukit Batu dengan sekitar 990 orang penggembira. Selain membawa miniatur Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bukit Batu, kafilah yang langsung dipimpin Camat Bukit Batu Muhammad Fadlul Wajdi ini juga mengikutsertakan para taruna SMK Pelayaran dan Penerbangan.

Menyusul Bukit Batu, kafilah Pinggir tampil diurutan ketiga. Dengan kekuatan sekitar 300 peserta, kafilah Pinggir juga langsung komandoi camat Pinggir, Nazli. Meski jauh datang dari ibu kota kabupaten, namun penampilan kafilah kecamatan Pinggir tetap memberi kesan tersendiri.

Selanjutnya Kecamatan Kafilah Rupat yang diiringi drumband dari anak-anak sekolah dasar (SD) dan penampilan penabuh kompang, dengan kekuatan 300 peserta. Selanjutnya diikuti oleh kecamatan tetangga, Rupat Utara, menampilkan miniatur kapal ukuran besar, yang menggambarkan kecamatan ini yang berbatasan langsung dengan perairan internasional Selat Malaka ini, sangat akrab dengan kehidupan laut.

Dengan berpakaian yang didominasi warna biru tampil percaya diri dan bertekad untuk memberikan yang terbaik pada perhelatan MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Bengkalis, yang digelar di kecamatan Bengkalis.

Selanjutnya diikuti Kecamatan Siak Kecil dengan kekuatan sebanyak 650 orang. Camat Siak Kecil, Alfi Muhdhor berada di tengah-tengah dikeramaian peserta pawai, tak ketinggalan ikut berjalan kaki pada acara pawai ta’aruf. Kafilah Siak Kecil menampilkan pertunjukan atraksi silat dari kelompok Pencak Silat Pagar Nusa, sehingga memukau bupati dan para tamu di panggung kehormatan.

Kafilah tuan rumah, Kecamatan Bengkalis memboyong 3.000 orang yang berasal dari unsur pemerintahan kecamatan, aparatur desa/kelurahan. Kafilah tuan rumah yang dipimpin langsung Camat Bengkalis, Djamaludin, mengikutsertakan kelompok organisasi keagamanan kaum ibu, kelompok penabuh kompang.

Terakhir yang tak kalau memukau ditunjukan oleh kafilah dari Kecamatan Mandau. Dengan mebmawa sekitar 1.000 orang yang terdiri dari pasangan muda-muda memakai baju pengantin, pembawa poster gurindam 12, penabuh kompang, organisasi Aisyiah, BKMT, kelompok organisasi Lansia, Kader Posyandu, Persatuan Ibu-ibu Sakinah. Pada pawai ta’aruf MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Bengkalis ini, kafilah kecamatan Mandau menampilkan dua miniatur masjid dan satu pickup membawa kelompok Marwis.(ail)