PEKANBARU, GORIAU.COM - Stan Perpustakaan Lembaga Adat Melayu Riau (LAM Riau) mendapat sambutan antusias dari para pengunjung pada Pameran Perpustakaan yang diselenggarakan Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Provinsi Riau, di Komplek BAPD Provinsi Riau di Kompleks BPAD Provinsi Riau Jalan Sudirman No. 462 Pekanbaru, Rabu (17/9/2014).

Pada Pameran Perpustakaan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2014 bersempena HUT Kemerdekaan RI ke 69 dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Drs. Zaini Ismail, M.Si, Selasa (16/9).

Perpustakaan LAM Riau memamerkan sekitar 100 judul buku yang merupakan buku-buku adat dan budaya Melayu terbitan LAM Riau dan penerbit lainnya dari dalam maupun luar negeri.

''Yang tak kalah pentingnya, stan Perpustakaan LAM Riau juga memamerkan buku-buku Karya Agung terbitan salah satu penerbit dari negara jiran Malaysia,'' kata anggota Bidang Humas dan Media Massa LAM Riau Zul Azhar, S.Pi didampingi Pustakawan Perpustakaan LAM Riau Tria Maryati, S.Sos, di sela Pameran Buku, Rabu (17/9/2014).

Diantara buku-buku Karya Agung yang dipamerkan antara lain Hikayat Hang Tuah, Tuhfat al-Nafis, Sulalat Al-Salatin, Pantun Melayu, Hikayat Abdullah, Hikayat Aceh, Cerita Jenaka Melayu, dan lain-lain.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Drs. Zaini Ismail, M.Si didampingi Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau Drs. H. Chairul Riski, MS, MP, dan sejumlah pejabat lainnya menyempatkan diri berkunjung ke Stan Perpustakaan LAM Riau usai acara peresmian Pameran Buku, Selasa (16/9).

Selain membaca sejumlah buku Karya Agung, Zaini juga terlihat membaca naskah Undang Undang Dasar 1945 yang ditulis dengan huruf Arab Melayu.

Karya Agung sendiri merupakan sebutan untuk karya yang berjaya meninggalkan kesan seni, budaya, dan pemikiran yang luar biasa dalam tamadun atau tradisi sesuatu bangsa. Karya itu dianggap sebagai warisan bangsa dalam arti kata ia mewakili minda dan pengalaman bersama (kolektif) bangsa itu sepanjang zaman sebagaimana yang dipancarkan dalam sistem kepercayaan, falsafah  hidup, tradisi ilmu, adat, bahasa, seni, pekerti budaya, dan sosial yang membentuk citra jati diri ketamadunan bangsa itu.

Untuk menarik minat pengunjung dari kalangan siswa berkunjung ke stan Perpustakaan LAM Riau, petugas stan juga menyediakan hadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan adat dan budaya Melayu yang diajukan penjaga stan.

''Kami berusaha lebih mendekatkan pengunjung terutama kalangan siswa dengan buku terutama yang berkaitan dengan adat dan budaya Melayu Riau," kata Tria.

Pameran Perpustakaan yang diikuti perpustakaan kabupaten/kota, perpustakaan perguruan tinggi, penerbit, dan peserta lainnya ini sesuai jadwal dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa (16/9) hingga Kamis (18/9). (rls)